Plesir Ke Rantepao, Gerbang Kemegahan Kota Toraja

Jum'at, 01 Mei 2015 - 06:59 WIB
Plesir Ke Rantepao, Gerbang Kemegahan Kota Toraja
Plesir Ke Rantepao, Gerbang Kemegahan Kota Toraja
A A A
TORAJA - Sebagai gerbang wisata Tana Toraja, memang tak banyak objek wisata yang dapat ditawarkan di Rantepao. Akan tetapi, mengingat letaknya cukup strategis maka Rantepao menjadi kota penting untuk mengekplorasi objek wisata yang terletak di sekitar kota hujan ini. Berikut wisata yang dapat Anda kunjungi di Rantepao yang dikutip dari Indonesia Travel.

1. Pasar Bolu
Pasar ini terletak sekira 2 kilometer di timur laut Rantepao. Banyaknya yang berjualan kerbau dan babi untuk kebutuhan upacara pemakaman Rambu Solo, membuat pasar ini menarik untuk dikunjungi. Temukan juga oleh-oleh berupa kopi khas Toraja berjenis robusta dan arabika yang juga dijual di pasar ini. Selain itu, produk hasil bumi seperti rempah-rempah, sayur, buah-buahan juga banyak dijual di pasar ini.

2. Cagar budaya Kete Kesu
Kete Kesu, merupakan desa yang memiliki deretan rumah adat (tongkonan) yang usianya mencapai ratusan tahun. Rumah adat ini berjajar rapi, berhadap-hadapan dengan lumbung padi (Alang Sura). Desa ini memiliki pemandangan bentang alam dan hamparan sawah hijau yang berlatar pegunungan serta langit biru.

3. Londa
Makam kuno ini terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi. Udara yang dingin menambah aura mistis kawasan ini. Gua-gua makam tersebut dipahat di dinding-dinding tebing. Tampak di teras-teras gua, patung kayu (tau-tau) berbaris rapi. Anda dapat menyewa jasa guide untuk memasuki gua makam di Londa. Mereka tidak menentukan tarif jasa, namun Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp20 ribu untuk menyewa lampu sebagai penerang di dalam gua. Kabarnya usia makam ini mencapai 500 tahun.

4. Lemo
Situs pemakaman kepala-kepala suku dan pemuka adat di Toraja di masa lampau ini terdapat deretan tau-tau, patung bagi jenazah yang dikubur di sana. Lemo merupakan situs kuburan batu yang paling populer di Tana Toraja kawasan yang juga menarik untuk dikunjungi.

5. Batutumonga
Batutumonga terkenal dengan pesona alam pegunungannya yang mengagumkan. Batutumonga berada di Sesean, Makale. Selain pesona alam, terdapat juga 56 menhir megalitikum berukuran 2 sampai 3 meter di kawasan ini.

6. Kambira
Selain makam-makam batu kuno, obyek wisata lain yang menarik adalah kuburan bayi berusia 7 bulan di dalam pohon, Kambira. Bayi memang tidak dikubur di tebing atau di gua-gua batu. Pohon yang dijadikan makam bayi ini adalah pohon Tarra, berusia 300 tahun dengan lingkar batang pohon sekira 3,5 meter. Jenazah bayi akan dimasukkan ke dalam pohon yang telah dilubangi. Lubang ini kemudian ditutup dengan serat pohon atau ijuk dari pohon enau.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5472 seconds (0.1#10.140)