Kyaraben, Seni Menghias Kotak Makan Khas Jepang

Jum'at, 01 Mei 2015 - 10:08 WIB
Kyaraben, Seni Menghias Kotak Makan Khas Jepang
Kyaraben, Seni Menghias Kotak Makan Khas Jepang
A A A
JAKARTA - Jepang memang terkenal dengan sejumlah kudapan unik yang dimilikinya. Kyaraben merupakan salah satu seni mendekor kotak makan ala Jepang juga tak kalah unik dan menarik untuk dipelajari serta dipraktekkan di rumah.

“Kyaraben itu seni mendekor kotak makan praktis dari Jepang, jadi bentuknya harus karakter. Berbedan dengan bento, kalau bento kan nggak di dekor, kalau di sini kita menyebutnya nasi kotak ya. Kalau Kyaraben itu dikasih mata, dikasih mulut, jadi membentuk karakter gitu. Jadi dia (Kyaraben) seninya mendekor ya bukan memasak,” jelas Pristina Charmaine seorang pemilik catering dengan seni Kyaraben kepada Sindonews belum lama ini.

Pristina juga menambahkan, dalam satu kotak Kyaraben harus dilengkapi dengan lauk pauk yang komplit akan gizi, mulai dari karbohidrat, sayur, komposisi protein, dan buah-buahan.

Tak hanya lauk pauk yang sarat gizi, dalam membuat Kyaraben juga harus memerhatikan warna-warna yang ada dalam satu kotak makan tersebut.

“Komponennya itu harus ada karbohidrat, protein, sayuran, itu harus ada, sama condiment. Condiment itu pendamping, kayak jeli, tapi jelinya jeli sehat ya, jeli buah. Kalau untuk warna, ada empat warna dasar ya, seperti putih, merah, hijau, kuning, itu harus ada. Karena itu warna-warna yang bisa didapetin dari nasi, sayuran, gitu. Kalau warna-warna penambah itu bisa ditambahkan, jadi kayak misalnya hijau dari pandan, ungu dari beet, jadi tergantung kebutuhannya” papar wanita yang telah mendalami Kyaraben selama 10 tahun ini.

Lebih lanjut Pristina juga memberikan beberapa tips sederhana jika Anda ingin membuat Kyaraben di rumah. “Tipsnya, nasi itu kalau bisa dimasak lebih lembab, kemudian pengemasannya juga kalau bisa sewaktu panas jangan langsung ditutup, lalu sediakan waktu lebih awal dibandingkan kita menyediakan lunchbox biasa,” pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3433 seconds (0.1#10.140)
pixels