Murah Meriah Hidangan Korea

Senin, 04 Mei 2015 - 12:35 WIB
Murah Meriah Hidangan Korea
Murah Meriah Hidangan Korea
A A A


Satu lagi restoran Korea menyasar anak muda dengan harga terjangkau, Dapur Korea. Menawarkan hidangan khas negeri ginseng populer, dengan rasa yang bersahabat di lidah.

Kehadiran Dapur Korea seakan menambah daftar panjang restoran ala Kpopdi Tanah Air. Kali ini berada di Foodlab Jakarta, di bilangan Kapten Tendean, sebelum kantor pos Tendean. Dibesut oleh orang-orang yang sudah lama berkecimpung di restoran Korea ternama di Jakarta, Dapur Korea secara khusus menjadikan kawula muda sebagai target marketmereka.

Tentunya hal ini didukung oleh harga yang cukup terjangkau. Pokoknya pas di kantong anak muda. Lihat saja kisaran harganya, makanan antara Rp25.000–Rp40.000, kudapan mulai dari Rp10.000, sedangkan minuman mulai Rp5.000. Di samping penyesuaian harga, rasa makanan pun sudah disesuaikan dengan lidah orang kita.

Bahan-bahan yang digunakan semacam saus hingga mi atau bihun diimpor langsung dari negeri yang populer dengan drama romantisnya ini. Hidangan yang ditawarkan merupakan masakan keseharian orang Korea yang biasa dijumpai di restoran Korea pada umumnya. Hanya, beberapa menu sudah digandeng dengan minuman atau nasi sehingga lebih hemat.

“Andalan kami adalah dolsot yache. Nasi bakar khas Korea dengan daging sapi cincang, sayuran, dan telur,” ujar Dewi Rosaindah selaku pemilik Dapur Korea kepada KORAN SINDO. Di samping menu tersebut, Dewi mempersilakan pengunjung untuk mencoba menu lain yang juga best seller. Contohnya, bulgogi alias daging sapi tumis, yang juga ditawarkan satu set berikut dengan nasi dan minuman honey citroen.

Menu tumisan memang cukup banyak dijumpai pada masakan Korea. Antara lain japchay,yakni soun goreng Korea yang ditumis bersama aneka macam sayuran dan ojingeo bokeumatau cumi tumis pedas. Masakan Korea bisa dibilang surganya pencinta makanan berkuah. Dapur Korea menawarkan berbagai hidangan berkuah yang bisa langsung disantap atau bersama nasi.

Seperti samgyyetang (sup ayam ginseng), yukgaejang (sup daging sapi pedas), sundubu(sup tofupedas), dan ramyeonatau mi kuah, serta miyeok guk,yakni sup rumput laut. Sundubudisajikan dalam batu panas berbentuk mangkuk yang dialasi talenan kayu. Ketika dihidangkan, asap panas mengepul dari mangkuk.

Kuah berwarna kemerahan dengan tofuserta irisan cabai merah dan cabai hijau besar ini amat memancing selera. Rasanya pun cukup pedas seperti tampilannya. Adapun yang juga dihidangkan dalam mangkuk panas yang terbuat dari batu adalah dolsot yache. Nasi bakar Korea ini ramai tampilannya. Topping-nya ada wortel, taoge, labu siam, bayam, dan di bagian tengah adalah kuning telur yang bertabur dengan biji wijen.

Topping sayuran yang berwarna-warni ini menjadikan hidangan nasi bakar tersebut kaya serat sekaligus mineral yang diperlukan tubuh. Ada sambal khas Korea yang turut disajikan. Rasanya pun cukup pedas. Untuk menikmatinya, aduk semua toppingberikut kuning telurnya. Boleh juga langsung dicampur dengan sambalnya.

Menu lain yang ditawarkan, yaitu kapoengkiatau ayam goreng tepung asam manis, nasi goreng, dan semacam sushiala Korea yaitu kimbab. Sama seperti sushi, kimbab merupakan nasi gulung yang dibungkus dengan rumput laut. Untuk makanan ringan, Anda bisa memesan toppokki. Penyuka makanan Korea pastilah sudah tidak asing dengan makanan satu ini.

Tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang rasanya pedas sekaligus menyumbang rasa manis. Sayuran seperti kol dan irisan cabai juga termasuk di dalamnya. Dapur Korea tidak hanya menawarkan pengalaman mencicipi makanan, juga minuman khas Korea. Melengkapi acara bersantap, honey citroen, ginseng tea, dan honey pomegranateakan menyegarkan dahaga Anda.

Honey citroenmerupakan perpaduan jeruk sunkist dengan madu. Cita rasanya yang manis asam menyegarkan tenggorokan. Minuman hangat ini baik untuk mereka yang sedang tak enak badan. Anda juga bisa memesan ochapanas ataupun dingin. Karena beberapa customermenginginkan makanan ringan yang bisa dicemil usai makan ataupun sekadar teman minum teh, gerai ini juga menawarkan kudapan seperti lumpia, jamur goreng, sayap goreng kocucang, tahu goreng sambal pedas, dan bakso goreng.

Sri noviarni
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3718 seconds (0.1#10.140)