Tips Membuat Steak Empuk di Rumah

Senin, 04 Mei 2015 - 19:52 WIB
Tips Membuat Steak Empuk di Rumah
Tips Membuat Steak Empuk di Rumah
A A A
JAKARTA - Ketika menyantap steak di restoran, terkadang kita menemukan steak dengan tekstur daging yang agak tebal dan agak sulit digigit. Namun ada pula yang memiliki tekstur kenyal dan begitu empuk ketika disantap.

Hal ini tergantung dengan cara pengolahan daging steak itu sendiri. Jadi, di rumah pun kita bisa membuatnya, asal tahu bagaimana mengolah daging tersebut. Jika ingin membuat dan menyantap steak di rumah, berikut beberapa cara dan tips yang dilansir dari BBC.

1. Pastikan untuk meletakkan daging pada suhu ruangan, kemudian berikan guratan-guratan di garis lemak di sisi steak jika potongannya cukup tebal.

2. Oleskan sedikit minyak di atas lemak dan daging, kemudian taburi dengan garam dan merica. Ratakan ke seluruh permukaan daging.

3. Tempatkan panci atau wajan di atas api besar selama kurang lebih lima menit. Letakkan steak di wajan panas, pastikan bagian lemak yang menyentuh permukaan wajan terlebih dahulu. Diamkan selama 10—20 detik sampai lemak mulai sedikit matang.

4. Balik bagian steak. Masak selama dua menit di setiap sisinya untuk tingkat kematangan rare, tiga menit untuk medium, dan empat menit untuk well-done. Lama memasak tentunya juga bergantung pada tingkat ketebalan daging. Tekan daging di atas wajan agar memberikan warna guratan yang bagus.

5. Setelah matang sesuai dengan keinginan Anda, diamkan di piring yang hangat selama lima menit, sehingga cairan akan menyebar secara merata ke seluruh permukaan daging, sementara juga memungkinkan daging untuk memiliki tekstur yang lebih lembut.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1652 seconds (0.1#10.140)