Satu Tangki Tiga Pulau

Kamis, 07 Mei 2015 - 08:54 WIB
Satu Tangki Tiga Pulau
Satu Tangki Tiga Pulau
A A A
Tujuh mobil All New Mazda2 mengandalkan 44 liter bahan bakar untuk menjangkau tiga pulau. Sanggupkah, hatchback terbaru andalan Mazda itu menunaikan tugas berat tersebut?

Sekali mengisi tangki bensin, tiga pulau terlampaui. Ungkapan yang sedikit dimodifikasi tersebut sepertinya cocok dengan pencapaian yang diraih All New Mazda di ajang E-Halt Challenge 2015: One Tank for Three Islands, beberapa pekan lalu.

Di ajang ini PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menantang 14 jurnalis dengan 7 mobil All New Mazda2 melintasi tiga pulau, yakni Jawa, Bali, dan Lombok dengan hanya satu tangki terisi penuh. Diketahui tangki All New Mazda2 mampu mengangkut 44 liter bensin. Titik start petualangan E Halt Chalenge dimulai dari Semarang, Jawa Tengah, pada 21 April lalu.

Sebelum memulai perjalanan, tangki dari seluruh mobil All New Mazda2 terlebih dulu dikosongkan dan kemudian diisi bahan bakar masing-masing sebanyak 44 liter sehingga seluruh kendaraan yang digunakan selama acara ini berada di level dan kondisi yang sama. Agar perjalanan ketujuh jurnalis berjalan adil, masing-masing mobil diberi tambahan beban berupa beras.

Jadi, masing-masing mobil menggendong beban yang sama. “Setelah di beberapa kegiatan sebelumnya Mazda telah mencoba mengeksplorasi kemampuan dan ketangguhan dari All New Mazda2 SKYACTIV dalam kondisi jalanan di dalam kota, kini para penikmat Mazda dapat merasakan performa kendaraan dan efisiensi penggunaan bahan bakar yang menakjubkan untuk perjalanan luar kota yang demikian jauh didukung oleh fitur-fitur unggulan Mazda,” sebut Keizo Okue, President Director PT MMI.

Perjalanan yang ditempuh ketujuh mobil itu dari Semarang, Surabaya, Ketapang, Bali dan Lombok melalui jalan yang bervariasi. Tidak hanya jalur lurus dan mulus, juga bergelombang dan rusak, bahkan mendaki. Menariknya, ketujuh mobil tersebut berhasil mencapai Pulau Lombok. “Awalnya kami prediksi hanya ada beberapa mobil yang bisa mencapai Lombok.

Nyatanya ketujuh-tujuhnya mampu mencapai pulau ketiga dengan sisa bahan bakar yang masih cukup banyak,” ujar Astrid Ariani, Senior Marketing Manager PT MMI. Dari ketujuh mobil, All New Mazda2 yang berhasil menempuh jarak terjauh, yakni 1044,9 km. “Kami harus membuka rute baru lagi agar bahan bakar habis.

Sebab, ini melebihi ekspektasi kami karena riset yang dilakukan oleh internal kami hanya mencapai 884 kilometer,” kata Astrid. Sementara All New Mazda2 yang tersisa memiliki jarak tempuh yang kompetitif juga. Di tempat kedua, jarak yang ditempuh mencapai 1009,4 kilometer. Berturut-turut jarak yang ditempuh adalah posisi 3 : 983 kilometer, posisi 4 : 948,3 kilometer, posisi 5: 936,2 kilometer, posisi 6 : 930,1 kilometer dan posisi terakhir dengan jarak 927,3 kilometer.

Menurut Astrid, tercapainya tiga pulau dengan hanya berbekal 44 liter bahan bakar ini juga dapat terwujud karena pengadopsian penuh SKYACTIV Technology pada All New Mazda2 yang memberikan kenikmatan tanpa batas dengan efisiensi bahan bakar. Kombinasi antara SKYACTIV-G 1.5L dengan kompresi tinggi 13:0:1 serta sistem pembuangan 4-2-1 dan SKYACTIV-DRIVE yang menghasilkan perpindahan gigi dengan cepat dan halus, memungkinkan efisiensi yang tinggi sehingga berkontribusi pada konsumsi bahan bakar.

Astrid melanjutkan perjalanan tiga pulau ini dibuat guna memberikan pengalaman kepada para pencinta Mazda untuk merasakan kembali elemen kunci utama Mazda generasi keenam, yaitu SKYACTIV Technology, KODO Design - Soul of Motion, i-ACTIVSENSE, dan juga MZD Connect. “Pencinta Mazda bersama-sama dengan kami dapat mewujudkan pengalaman berkendara yang menyenangkan yang sejalan dengan semangat Zoom-Zoom Mazda,” katanya.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7721 seconds (0.1#10.140)
pixels