5 Fakta Dibalik Hari Valentine, dari Sejarah hingga Pemberian Hadiah

Senin, 13 Februari 2023 - 11:31 WIB
2. Asal Mula Dihubungkan dengan Cinta

Pada perayaannya, Valentine saat ini sangat identik dengan hari penuh kasih sayang. Mengutip laman Good Housekeeping, hal tersebut bermula pada akhir abad ke-5.

Saat itu, Paus Gelasius secara resmi menetapkan tanggal 14 Februari sebagai ‘Hari St. Valentine’. Namun, menuju abad pertengahan hari tersebut dikaitkan dengan ‘love and romance’, tradisi yang bermula dari kepercayaan di Prancis dan Inggris bahwa burung memulai musim kawin pada 14 Februari.

3. Pemberian Cokelat pada Valentine

Hari valentine memiliki kaitan cukup lekat dengan cokelat. Adapun hadiah ini hampir selalu diberikan seseorang untuk pasangan atau kekasihnya di perayaan yang jatuh pada 14 Februari tersebut.

Mengutip laman CountryLiving, pemberian cokelat valentine ini bermula dari Richard Cadbury (putra produsen cokelat cadbury). Saat itu, dia menciptakan cokelat berbentuk hati pertama dalam upaya meningkatkan penjualan.

Kotak cokelat valentine pertama muncul sekitar 1861. Sejak saat itu, tak terhitung berapa jumlah cokleat yang terjual untuk memperingati perayaan valentine setiap tahunnya.

Baca juga : Sejarah Hari Valentine, Ada Kisah Tragis yang Memilukan

4. Hari Valentine menjadi Hari Tersibuk di Toko Bunga

Selain cokelat, valentine juga identik dengan hadiah bunga. Menurut Society of American Florists, toko bunga menjadi salah satu tempat yang paling sibuk dalam perayaan valentine.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More