Apakah Transgender Itu Ganti Kelamin? Begini Penjelasannya

Sabtu, 18 Februari 2023 - 10:40 WIB
Transgender, apakah itu artinya mereka telah berganti kelamin? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan masyarakat perihal arti transgender. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Transgender, apakah itu artinya mereka telah berganti kelamin? Pertanyaan semacam ini kerap dilontarkan masyarakat perihal arti transgender.

Ya, ternyata masih banyak orang belum paham arti transgender. Kebanyakan beranggapan bahwa seorang transgender sudah pasti mengganti alat kelaminnya. Padahal tidak demikian.

Transgender adalah orang yang identitas gendernya berganti dari gender saat lahir. Jadi, seorang bayi dilahirkan dengan gender laki-laki atau perempuan dilihat berdasarkan bentuk tubuh, kemudian seiring berjalannya waktu orang tersebut mengganti gendernya.





"Bahkan, beberapa orang transgender mengidentifikasi dirinya sebagai bukan laki-laki maupun perempuan, atau kombinasi dari laki-laki dan perempuan. Ini disebut non-binary atau genderqueer," ungkap laman National Center for Transgender Equality, dikutip Sabtu (18/2/2023).

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas soal apakah transgender itu ganti kelamin, Anda mesti pahami dulu bahwa orientasi seksual dengan identitas gender itu dua hal yang berbeda.

Identitas gender mengacu pada pengetahuan internal tentang jenis kelamin, misalnya Anda adalah pria, wanita, atau jenis kelamin lain. Kalau orientasi seksual itu berkaitan dengan siapa Anda tertarik.

Dari situ, bisa dipahami bahwa transgender bukan melulu soal ganti kelamin. Beberapa transgender masih ada yang mempertahankan genitalnya (pria maupun wanita), tapi secara tampilan dia mengubah tampilan tidak sesuai dengan jenis kelaminnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More