Bukan Penyakit, Apakah Transgender Bisa Disembuhkan?

Kamis, 16 Februari 2023 - 13:57 WIB
loading...
Bukan Penyakit, Apakah Transgender Bisa Disembuhkan?
Kebanyakan transgender yang memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya merasa bahwa dirinya terjerat di tubuh yang salah. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Masalah transgender terus menjadi pembicaraan yang tidak ada habisnya. Lantas apakah seseorang yang mengubah jenis kelaminnya memiliki masalah gangguan kejiwaan atau penyakit mental?

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Primaya Hospital Bekasi Barat, dr. Alvina, Sp.KJ, mengutarakan bahwa transgender bukan sebuah penyakit. Jadi, menurutnya, tidak ada upaya menyembuhkannya secara medis.

Kebanyakan orang-orang yang memutuskan untuk mengubah jenis kelaminnya merasa bahwa dirinya terjerat di tubuh yang salah. Umumnya dia tidak merasa nyaman dengan jenis kelaminnya ketika lahir.

Baca juga: Mengapa Transgender Dilarang di Rusia? Ternyata Ini Alasannya

Dalam mengubah jenis kelamin dan penampilan, kata dr. Alvina, mereka butuh waktu, tenaga, dan biaya. Selain itu, dia juga harus memikirkan faktor lingkungan sekitarnya.

"Transgender sendiri termasuk identitas gender sehingga bukan sesuatu gangguan jiwa yang membutuhkan terapi," ujar dr. Alvina, seperti dilansir laman Primaya Hospital.

Menurutnya, terapi psikiatri diperlukan jika seseorang mengalami gangguan jiwa, termasuk saat seorang transgender mengalami gangguan jiwa.

Lebih lanjut, dr. Alvina mengatakan bahwa kaum transgender berharap bisa merasa lebih baik, lebih tenang, dan lebih damai, karena telah menjadi dirinya sendiri.

Di sisi lain, saat mencoba terbuka, mereka akan mengalami penolakan, bahkan hinaan yang dapat berdampak pada mentalnya. Dokter Alvina pun menyarankan agar masyarakat membantu mengarahkan transgender untuk mengunjungi tenaga profesional jika mengalami kebingungan tentang kondisi dirinya.

Sebelumnya, sejak Mei 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah mengumumkan bahwa transgender bukan lagi termasuk gangguan mental.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)