Ini Cara untuk Cegah Kanker Payudara Tidak Kembali Kambuh

Minggu, 26 Februari 2023 - 10:46 WIB
"Tidak benar bahwa semakin besar payudara Anda, semakin tinggi pula kemungkinan terkena kanker payudara. Namun, risikonya meningkat seiring bertambahnya usia," ujar dr. See Hui Ti.

"Sebagai pedoman umum, jika Anda berusia di bawah 40 tahun, sebaiknya lakukan pemeriksaan diri secara rutin. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, Anda harus menjalani mammogram tahunan, selain pemeriksaan diri secara teratur," lanjutnya.





Dokter See Hui Ti. Foto/Istimewa



Meski banyak mengakibatkan kematian, kanker payudara bisa diantisipasi dan dideteksi sejak dini. Beragam cara dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. Seperti berolahraga teratur, mengurangi berat badan, menjaga pola makan, dan menghentikan kebiasaan merokok.

Selain itu, mengurangi konsumsi gula atau makanan dengan pemanis buatan juga bisa meminimalisir terpapar kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang melibatkan 100.000 orang di Prancis, gula dan pemanis buatan dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 22 persen.

Adapun cara untuk mendeteksi dini kanker payudara adalah dengan melakukan skrining. Yakni pemeriksaan tidak bergejala pada individu untuk mendeteksi mereka yang memiliki kemungkinan tinggi mempunyai atau berkembangnya suatu penyakit.

Jika Anda berusia lebih dari 25 tahun, pemeriksaan bisa dilakukan secara individu setiap bulan. Sementara untuk usia 40-49 tahun ke atas juga bisa diperiksa sendiri dan melakukan mammogram tahunan lebih kurang dengan cara USG. Sedangkan ketika berusia 50 tahun ke atas dengan cara memeriksa payudara sendiri setiap bulan serta melakukan satu sampai dua kali mammogram tahunan lebih kurang dengan USG.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More