Program Nutrisi Esok Hari Didukung Institusi Pendidikan Dorong Implementasi Penyajian Makanan Berbasis Nabati

Kamis, 02 Maret 2023 - 17:56 WIB
Program Nutrisi Esok Hari menawarkan dukungan serta pelatihan untuk institusi swasta dan publik yang bersedia menyajikan setidaknya 20% makanan berbasis nabati di restoran, kafe, ataupun kantin mereka. Foto/Istimewa
JAKARTA - Koalisi perlindungan hewan internasional, Act For Farmed Animals, bersama Sinergia Animal dan Animal Friends Jogja telah menginisiasi sebuah program bertajuk Nutrisi Esok Hari. Program ini menawarkan dukungan serta pelatihan untuk institusi swasta dan publik yang bersedia menyajikan setidaknya 20% makanan berbasis nabati di restoran, kafe, ataupun kantin mereka.

Program Nutrisi Esok Hari meliputi bantuan secara gratis oleh ahli gizi profesional dan koki ahli masakan nabati. Sejauh ini, komitmen yang dikumpulkan oleh Nutrisi Esok Hari berpotensi membantu menyajikan 65.054 makanan berbasis nabati per tahun.

“Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah orang yang memilih untuk menerapkan pola makan berbasis nabati di seluruh dunia. Salah satu alasan penting yang melatarbelakangi hal tersebut adalah adanya darurat iklim, karena produk hewani seperti daging sapi dan produk susu merupakan beberapa makanan dengan polusi yang sangat tinggi untuk dikonsumsi,” ungkap Among Prakosa, Manajer Program Nutrisi Esok Hari di Indonesia, melalui siaran pers, Kamis (2/3/2023).







“Pilihan individu itu penting. Namun, saat kita memikirkan dampak yang dapat diberikan oleh organisasi yang menyajikan ribuan makanan per hari, penting untuk melibatkan mereka dalam perubahan ini juga," lanjutnya.

Di Indonesia, ada enam institusi dengan lebih dari 500 siswa di tiga provinsi yang berkomitmen untuk menyajikan menu 100% berbasis nabati, setidaknya satu hari dalam seminggu. Tiga institusi tersebut telah menyajikan menu 100% berbasis nabati setidaknya satu hari dalam seminggu, dengan jumlah sajian 18.506 menu makanan.

Tiga institusi lain akan mulai mengimplementasikan komitmen tersebut pada tahun ini, dan secara keseluruhan diperkirakan 65.054 menu makanan berbasis hewani akan dialihkan ke pilihan yang lebih berkelanjutan dan sehat.

Kemajuan tersebut merupakan contoh bagaimana perubahan kecil dapat berdampak besar bagi bumi dan kesehatan manusia.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More