7 Pemeriksaan Kesehatan yang Harus Dilakukan Wanita di Usia 30

Jum'at, 17 Maret 2023 - 08:50 WIB
Ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan wanita di usia 30 tahun. Di usia ini, penting untuk memprioritaskan kesehatan dan kebugaran. Foto/Lincoln Urgent Care
JAKARTA - Ada beberapa pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan wanita di usia 30 tahun. Di usia ini, penting untuk memprioritaskan kesehatan dan kebugaran melalui pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Pemeriksaan kesehatan ini penting untuk menandai potensi masalah kesehatan pada tahap awal. Namun, setiap wanita berbeda, dan kebutuhan skrining kesehatan dapat bervariasi tergantung pada faktor risiko individu dan riwayat kesehatan.

Dengan demikian, penting untuk berdiskusi dokter untuk menentukan pemeriksaan mana yang sesuai. Berikut pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan wanita di usia 30 seperti dilansir dari The Health Site, Jumat (17/3/2023).



1. Pemeriksaan Payudara





Wanita berusia 30-an harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri bulanan dan menerima pemeriksaan payudara klinis setiap tiga tahun. Pemeriksaan ini dapat membantu mendeteksi benjolan yang tidak biasa atau perubahan jaringan payudara yang mungkin mengindikasikan kanker payudara.

Mammogram biasanya tidak direkomendasikan untuk wanita berusia 30-an, kecuali mereka memiliki riwayat keluarga kanker payudara atau faktor risiko lainnya.

2. Pap Smear



Menurut American Cancer Society, wanita harus mulai melakukan pap smear pada usia 21 dan berlanjut hingga usia 65 tahun. Tes ini memeriksa sel-sel abnormal pada serviks yang mungkin mengindikasikan kanker serviks.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More