5 Tips Mengatur Pola Tidur Selama Puasa Ramadan, Tubuh Tetap Fit dan Bugar

Minggu, 26 Maret 2023 - 05:16 WIB
Selain membuat tubuh tetap fit dan bugar, tidur yang cukup juga dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, serta memperbaiki suasana hati. / Foto: ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Kebanyakan orang mengalami perubahan jadwal tidur ketika menjalankan ibadah puasa. Bahkan, cukup banyak yang mengalami susah tidur lantaran pola dan jadwal makan yang kurang tepat.

Saat menjalankan ibadah puasa, seharusnya Anda mendapatkan jam tidur yang cukup. Ini agar tubuh tetap fit dan bugar ketika berpuasa.

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kinerja otak, serta memperbaiki suasana hati.



Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam mengatur pola tidur selama puasa Ramadan , berikut tips yang mungkin biasa dilakukan.



1. Mengurangi Asupan Kafein



Disarankan untuk mengurangi asupan kafein, seperti kopi dan teh saat berbuka maupun sahur. Pasalnya, kafein bisa menghambat produksi hormon yang mengatur tidur, yaitu hormon melatonin yang membuat Anda lebih terjaga dan tidak mengantuk.

2. Mengatur Jam Tidur



Tips tersimpel selanjutnya untuk mengatasi kurang tidur selama bulan puasa adalah secara disiplin mengatur jadwal tidur.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More