7 Takjil Rendah Kalori untuk Jaga Kadar Gula Darah Tetap Terkontrol

Senin, 10 April 2023 - 04:40 WIB
Takjil rendah kalori menjadi pilihan mereka yang tak ingin kadar gula darah naik saat berbuka puasa. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Takjil rendah kalori menjadi pilihan mereka yang tak ingin kadar gula darah naik saat berbuka puasa.

Takjil secara umum diketahui sebagai makanan pembuka puasa yang sederhana, biasanya bercita rasa manis. Hal ini bertujuan untuk memberikan sedikit energi setelah lebih dari 13 jam tidak makan dan minum.

Puasa sendiri memiliki efek baik buat kesehatan. Maka itu, ketika saatnya berbuka, penting untuk tetap menjaga asupan agar tidak membuat kadar gula meningkat sehingga justru berdampak buruk bagi kesehatan.







"Puasa di bulan Ramadan dapat meningkatkan kesehatan seseorang, tapi itu hanya jika dilakukan dengan cara yang benar. Kalau tidak, dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Maka, penting untuk memiliki pengendalian diri saat melihat makanan yang menggugah selera,” kata Rahma Ali, Ahli Diet Klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, dikutip dari Thenationalnews, Minggu (9/4/2023).

Makanan rendah kalori bisa menjadi pilihan agar tidak memicu kadar gula darah naik saat berbuka puasa. Apa saja itu? Berikut informasinya, dirangkum pada Minggu (9/4/2023).

1. Kacang Almond

Makanan pembuka puasa seperti almond direkomendasikan karena mengandung lemak baik yang penting. Terutama ketika tubuh menginginkan lemak setelah berjam-jam berpuasa.

Kacang ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena dapat membantu Anda merasa kenyang dan terkendali, tanpa perlu makan berlebihan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More