6 Sutradara Wanita Hebat Indonesia, Nomor 5 Anak Garin Nugroho

Kamis, 18 Mei 2023 - 10:03 WIB


Foto/wikipedia

Nan Triveni Achnas alias Nan Achnas merupakan salah satu sutradara dibalik kesuksesan film Kuldesak. Ia menjadi salah satu sutradara wanita yang berpengaruh bagi perfilman Indonesia di masa 1990-an.

Salah satu karyanya, Pasir Berbisik yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo berhasil mencuri perhatian dunia. Film ini memenangkan Brisbane International Film Festival, Oslo Films from the South Festival, Asia-Pacific Film Festival, Seattle International Film Festival, serta Festival Film Indonesia. Bahkan berkat film ini, nama Dian Sastrowardoyo juga berhasil membawa pulang berbagai penghargaan untuk kategori Aktris Terbaik.



3.Pritagita Arianegara



Foto/instagram @pritanginaarianegara

Kiprah Pritagita Arianegara sebagai sutradara memiliki waktu dan proses yang panjang. Ia mengawali kariernya sebagai asisten sutradara sebelum akhirnya debut lewat film Salawaku di tahun 2016.

Film debutnya itu ternyata membawa namanya melambung dan berhasil menerima tiga piala Citra di Festival Film Indonesia 2016. Tak hanya itu, film Salawaku juga menjadi 10 finalis untuk Best Asian Future Awards di Tokyo International Film Festival.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More