8 Fakta Lagu The Scientist Coldplay, Pertemukan Chris Martin dengan Dakota Johnson

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:19 WIB
Meskipun begitu, setahun sebelumnya, video musik The Scientist memborong 3 trofi MTV Video Music Awards, yakni Best Group Video, Best Direction, dan Breakthrough Video.

Video musik The Scientist sendiri cukup unik. Dibuka dengan Chris Martin yang berbaring di atas kasur, lalu video ini diputar secara terbalik atau berjalan mundur. Tentunya, ini disesuaikan dengan lagunya tentang kembali ke awal.

4. Video musik The Scientist direkam dengan aksi yang bergerak maju, kemudian dibalik pada saat pasca produksi. Komponen kuncinya adalah lip-synch, memastikan Chris Martin bernyanyi secara normal dalam finishing. Untuk mencapai hal ini, dia harus bernyanyi secara terbalik, sehingga ketika video dibalik, dia akan terlihat bernyanyi secara normal. Hal ini berarti dia harus mempelajari lagu tersebut secara terbalik, yang membutuhkan waktu berminggu-minggu.

5. Ketika menggarap album kedua Coldplay, Chris Martin mencoba menulis lagu The Scientist usai mendengarkan album dari George Harrison, All Things Must Pass.

Kepada Rolling Stone, 14 Juli 2005, Chris Martin menyebutkan jika merasa ada sesuatu yang hilang dari album kedua. Dia mengingat bahwa dirinya berada di sebuah ruangan yang sangat gelap di Liverpool, dan ada sebuah piano yang sudah sangat tua dan tidak selaras.

"Saya benar-benar ingin mencoba dan menggarap lagu George Harrison yang berjudul 'Isn't It A Pity', tetapi saya tidak bisa. Kemudian lagu (The Scientist) ini muncul seketika. Saya berkata, 'Bisakah Anda menyalakan alat perekamnya? Pertama kali saya menyanyikannya, itulah yang keluar," ungkapnya.

6. The Scientist mencapai puncaknya di posisi 10 dalam UK Singles Chart di Inggris pada 2002. Selanjutnya, lagu ini naik ke posisi 18 di tangga lagu Billboard Modern Rock di Amerika Serikat. Lagu ini menempati posisi 16 di Singles Chart resmi Kanada, dan nomor 40 di Australia Singles Chart.

Di tengah penerimaan yang positif, Rolling Stone menempatkan The Scientist di posisi 54 dalam daftar "100 Lagu Terbaik Dekade Ini" pada 2009. Kemudian, majalah musik ini menempatkan The Scientist pada peringkat 50 dalam daftar "100 Lagu Terbaik Abad Ini" pada 2018.

7. The Scientist tetap menjadi lagu andalan dalam pertunjukan live Coldplay. Sang penabuh drum, Will Champion mengatakan, setelah mendengarnya untuk kali pertama, dia tahu bahwa lagu ini akan menjadi lagu yang akan mereka mainkan selamanya.

8. Pada 2011, penyanyi country legendaris Willie Nelson meng-cover lagu The Scientist untuk film pendek Chipotle berjudul Back to the Start.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More