5 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat, Segera Hindari Agar Tak Kambuh

Sabtu, 08 Juli 2023 - 07:12 WIB
Minuman pantangan untuk penderita asam urat wajib diketahui dan dihindari. Foto/Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Minuman pantangan untuk penderita asam urat wajib diketahui dan dihindari. Terutama bagi Anda yang sudah memiliki gejala gangguan kesehatan tersebut agar tak kambuh.

Sudah seharusnya penderita asam urat tidak bisa sembarangan mengonsumsi minuman. Lantas, apa saja minuman pantangan untuk penderita asam urat? Berikut diantaranya, dilansir dari berbagai sumber.

5 Minuman Pantangan untuk Penderita Asam Urat

1. Minuman Beralkohol

Minuman pantangan asam urat yang pertama adalah minuman beralkohol. Pasalnya, minuman beralkohol diketahui dapat menghambat kerja ginjal untuk membuang asam urat berlebih dalam tubuh.



Nah, jika pembuangan asam urat berlebih terganggu, tubuh akan menyimpannya di sendi sehingga dapat memperburuk rasa sakit dari arthritis atau radang sendi.



2. Minuman Tinggi Gula

Minuman pantangan bagi penderita asam urat selanjutnya adalah yang mengandung tinggi gula. Meski tidak mengandung purin secara langsung, namun kandungan fruktosa atau sirup jagung inilah yang menjadi penyebabnya. Sebab, fruktosa yang masuk akan dipecah oleh tubuh dan menghasilkan purin.

Tak hanya menyebabkan asam urat, minuman manis tinggi gula juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit diabetes.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi minuman tinggi gula untuk mencegah terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas asupan gula per hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More