7 Air Rebusan Penurun Kolesterol, Terbukti Manjur

Minggu, 09 Juli 2023 - 16:30 WIB
Tujuh air rebusan penurun kolesterol ini selain mudah dibuat juga tak sulit mendapatkan bahan-bahannya. Foto/Health Shots
JAKARTA - Tujuh air rebusan penurun kolesterol ini selain mudah dibuat juga tak sulit mendapatkan bahan-bahannya. Meskipun kolesterol merupakan salah satu zat yang punya peran penting dalam tubuh, namun bila kadarnya berlebih akan menimbulkan hal buruk.

Karena itu menjaga kadar kolesterol supaya tidak berlebihan ini perlu dilakukan. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur akan menjadi hal yang penting untuk menurunkan kadarnya.

Bila kadar kolesterol sudah terlalu tinggi, maka pola makan haruslah benar-benar diatur. Salah satu cara untuk menurunkan kadar tersebut biasanya menggunakan obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.





Namun, terdapat cara yang lebih alami ketimbang harus mengonsumsi obat-obatan. Salah satunya adalah dengan rutin mengonsumsi air rebusan penurun kolesterol.

7 Air Rebusan Penurun Kolesterol

Berikut ini tujuh air rebusan penurun kolesterol yang sudah terbukti khasiatnya dalam beberapa penelitian.

1. Air Rebusan Daun Salam

Menurut penelitian dalam jurnal Pengaruh Pemberian Air Rebusan Daun Salam Terhadap Kadar Kolesterol pada Lansia Hiperkolesterol di Trimulyo Sleman, terdapat penurunan yang cukup signifikan pada kelompok yang telah diberikan air rebusan daun salam selama dua minggu, yakni dari 248,1 mg/dl menjadi 182 mg/dl.

Hal tersebut disebabkan karena daun salam mengandung sejumlah zat yang memberi efek antidiabetik, antihypertensive, antioksidan, antikolesterol, dan antitumor.

2. Air Rebusan Daun Sirsak

Berdasar penelitian yang tercantum dalam jurnal Potensi Ekstrak Daun Sirsak sebagai Penurun Kolesterol dan Pengendali Bobot Badan, mengungkapkan bahwa air rebusan daun sirsak mampu menurunkan kadar kolesterol dan juga berat badan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More