Benarkah Tempe Menyebabkan Asam Urat dan Tinggi Purin?

Selasa, 11 Juli 2023 - 19:32 WIB
Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Asam Urat Tanpa Gunakan Obat, Alami Redakan Gejala

Orang yang diwawancarai berusia 45 hingga 74 tahun dari 1993 hingga 1998. Para peneliti bertanya tentang kebiasaan diet saat itu, dan menindaklanjuti dengan pertanyaan tentang status medis mereka dari 1999 hingga 2004 dan 2006 hingga 2010. Dari 51.114 yang mereka ikuti seterusnya, 2.197 telah mengembangkan kondisi tersebut.

“Berdasarkan penelitian kami, kedelai sebenarnya memiliki efek perlindungan terhadap asam urat, tetapi hal ini perlu dipelajari lebih lanjut," kata konsultan senior di divisi rheumatology di National University Hospital Dr Teng Gim Gee.

Temuan bahwa tempe tidak terkait dengan risiko asam urat yang lebih tinggi, menegaskan enam penelitian lain yang dilakukan di Jepang dan Taiwan. Di mana Profesor Koh Woon-Puay dari Duke-NUS Graduate Medical School menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai tidak meningkatkan asam urat.

Para ilmuwan belum memastikan mengapa kedelai meskipun tinggi purin, tidak menyebabkan asam urat yang lebih tinggi. Tetapi mereka menduga, berdasarkan penelitian di Jepang, kedelai dapat meningkatkan ekskresi asam urat dan dengan demikian tidak berperan dalam meningkatkan risiko asam urat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!