Ini Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam Hitungan Menit

Selasa, 25 Juli 2023 - 07:00 WIB
Baca Juga: 6 Makanan yang Menurunkan Gula Darah dalam 2 Minggu, Tinggi Serat

Melibatkan 13 peserta, para peneliti menginstruksikan untuk mengonsumsi 34 gram cokelat hitam bebas gula atau 34 gram cokelat hitam konvensional. Kemudian, tim peneliti mengukur kadar gula darah mereka 120 menit setelah dikonsumsi.

Studi ini menemukan bahwa makanan bebas gula menyebabkan glukosa darah lebih rendah dibandingkan dengan cokelat hitam konvensional selama ini. Sementara penelitian ini tampak menjanjikan, para peneliti menambahkan bahwa efek jangka panjang pada kontrol gula darah tetap harus ditentukan.

Alasan lain mengapa cokelat hitam bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita diabetes adalah kandungan magnesiumnya yang tinggi. Kadar gula darah tinggi serta diabetes telah dikaitkan dengan defisiensi mikronutrien, termasuk kekurangan magnesium.

Selanjutnya, magnesium juga telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan bahkan mengurangi risiko diabetes. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Community Hospital Internal Medicine Perspectives, juga menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!