Apakah Air Kelapa Bisa Mengobati Diare? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 10:25 WIB
Sebagian orang percaya air kelapa bisa mengobati diare. Banyak orang meminum air kelapa saat mengalami diare atau kondisi lain yang menyebabkan dehidrasi. Foto/Getty Images
JAKARTA - Sebagian orang percaya air kelapa bisa mengobati diare . Ini karena air kelapa sumber mineral alami yang dapat membantu rehidrasi, dan banyak orang meminum air kelapa saat mengalami diare atau kondisi lain yang menyebabkan dehidrasi.

Dilansir dari Health Line, Selasa (22/8/2023) namun, air kelapa juga dapat menyebabkan diare dalam beberapa kasus.

Air kelapa sangat menghidrasi dan dianggap sebagai alternatif alami untuk minuman olahraga. Selain itu, jumlah elektrolit dalam air kelapa bergantung pada apakah diperoleh dari kelapa muda atau tua dan dapat bervariasi.

Kelapa tua cenderung memiliki jumlah elektrolit yang lebih tinggi. Sebagai minuman kaya elektrolit, air kelapa dianggap sebagai pilihan minuman yang baik saat mengalami diare.







Foto/Infografis SINDOnews

Studi menemukan bahwa air kelapa secara efektif mengobati dehidrasi akibat diare ringan. Air kelapa sebanding dengan minuman olahraga dalam rehidrasi dan kasus kehilangan elektrolit lainnya.

Diare sendiri ditandai dengan kehilangan cairan dan elektrolit yang signifikan dari tubuh dan dapat menyebabkan dehidrasi. Dalam kasus tersebut, disarankan untuk rehidrasi dengan minuman yang mengandung elektrolit.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More