5 Makanan Terbaik untuk Tingkatkan Pertumbuhan Rambut yang Sehat dan Kuat

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 05:30 WIB
Rambut sehat berkilau dan kuat adalah dambaan semua orang. Foto Ilustrasi/iStock
Rambut sehat berkilau dan kuat adalah dambaan semua orang. Untuk mendapatkan rambut sehat seperti itu tidak hanya melalui perawatan di salon saja lho.

Kita juga perlu menjaga kesehatan rambut dari dalam, yakni dengan memenuhi asupan makanan yang bergizi. Beberapa makanan dipercaya memiliki kandungan yang mampu membuat rambut sehat dan kuat, contohnya makanan tinggi vitamin dan mineral.

Mengutip dari Healthline, Jumat (25/8/2023), vitamin dan mineral memainkan peran penting dalam siklus pertumbuhan folikel rambut dan pergantian sel. Ketika tubuh kekurangan vitamin dan mineral, maka sering kali terjadi kerontokan pada rambut. Hal ini telah diungkapkan dalam sebuah studi.

Untuk lebih jelasnya, berikut lima jenis makanan kaya nutrisi yang mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan kuat.





1. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang bagus untuk membantu pertumbuhan rambut. Protein dalam telur dipercaya sebagai pembentukan folikel rambut. Untuk itu, ketika tubuh kekurangan protein, maka akan terjadi kerontokan pada rambut. Sementara kandungan biotin dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi keratin pada rambut.

Selain sebagai sumber protein dan biotin, telur juga merupakan sumber seng, selenium, serta nutrisi yang membantu meningkatkan kesehatan rambut lain.

2. Buah Beri

Buah beri mengandung vitamin C yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Sifat antioksidan ini dapat membantu melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat molekul berbahaya atau yang biasa disebut radikal bebas.

Selain itu, vitamin C yang diserap oleh tubuh mampu memproduksi kolagen. Nantinya kolagen berubah menjadi protein yang membantu memperkuat rambut agar tidak rapuh dan patah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More