Manfaat Lebih Bermain bagi Anak

Kamis, 30 Juli 2020 - 22:01 WIB
Orangtua bisa membantu anak menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Foto Ilustrasi/Phinemo
JAKARTA - Tak hanya penting bagi tumbuh kembang anak , bermain memberikan banyak manfaat. Bermain salah satunya membantu anak-anak mendapatkan pengalaman dan mengembangkan kecerdasan majemuk.

Psikolog dan Ketua Ikatan Psikologi Klinis Jakarta Anna Surti Ariani mengatakan, bermain memiliki beragam manfaat seperti memperkaya wawasan tentang solusi masalah, meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik, dan mengasah kemampuan sosial.

Menurut Michele Capurso dalam sebuah penelitian pada 2016, salah satu manfaat bermain bagi anak adalah meningkatkan kemampuan untuk coping. ( )

“Coping merupakan kemampuan untuk menghadapi serta mengatasi tantangan atau masalah dengan baik dan tenang,” ujar Anna dalam press conference daring belum lama ini.

Anna menuturkan, tantangan yang akan dihadapi anak-anak di masa depan tidak sama dengan yang dihadapi sekarang. Menurutnya, anak-anak perlu dibekali bukan saja dari sisi akademis, tapi juga kreativitas, karakter, dan kemampuan bersosialisasi yang bisa didapat dari bermain.



Terdapat tiga konsep penting seputar dunia bermain anak menurut Anna. Konsep pertama "Mainan", yaitu alat yang digunakan, bisa merupakan hasil karya anak. Lalu "permainan" yaitu aktivitas yang diciptakan, bisa membutuhkan mainan ataupun tanpa mainan.

Konsep ketiga "bermain", yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak. “Hal yang betul-betul memberikan manfaat untuk anak bukanlah mainan atau permainan, namun proses bermain yang dilakukan anak,” ujar Anna.

Orangtua , menurut Anna, bisa membantu anak untuk menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak bisa mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Di tengah penerapan sekolah virtual dan anak disarankan untuk tetap di rumah, waktu bermain semakin penting. Tidak hanya sebagai momen istirahat anak di sela-sela sekolah virtual, tetapi juga pengganti manfaat bermain yang biasa didapatkan ketika di sekolah seperti kreativitas, pembangunan karakter, dan kemampuan bersosialisasi.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More