7 Ikan yang Baik untuk MPASI, Terbukti Aman Dikonsumsi Bayi

Sabtu, 30 September 2023 - 07:48 WIB
Ikan yang baik untuk MPASI perlu diketahui oleh para ibu. Sebab, tidak semua ikan aman dikonsumsi bayi yang baru memulai tahap mengasup makanan solid di usia 6 bulan. Foto/Freepik
JAKARTA - Ikan yang baik untuk MPASI perlu diketahui oleh para ibu. Sebab, tidak semua ikan aman dikonsumsi bayi yang baru memulai tahap mengasup makanan solid di usia 6 bulan.

Ya, para orang tua umumnya mulai memperkenalkan makanan padat kepada bayi di usia 6 bulan, di samping terus memberikan ASI. Inilah yang disebut makanan pendamping ASI (MPASI).

Bayi memang mendapatkan hampir semua nutrisi yang dibutuhkannya melalui ASI. Namun, vitamin D dan zat besi adalah dua nutrisi yang mungkin tidak tercukupi oleh bayi yang diberi ASI, sehingga akan bermanfaat jika makanan yang mereka makan mengandung vitamin D dan zat besi.







Diketahui, vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan perkembangan otak, sementara zat besi adalah mineral yang penting untuk banyak fungsi tubuh, termasuk mengangkut oksigen.

Melansir laman Healthline, Sabtu (30/9/2023), ikan adalah makanan yang bagus untuk bayi Anda, karena merupakan sumber zat besi. Selain itu, ikan merupakan sumber protein, nutrisi penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh, sehingga memungkinkan pertumbuhan yang sehat pada si kecil.

Ikan juga menawarkan seng, mineral lain yang memainkan peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh yang sehat dan pertumbuhan sel.

Beberapa jenis ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial yang memberikan beberapa manfaat kesehatan baik bagi bayi maupun orang dewasa. Khusus pada bayi, asam lemak omega-3 penting untuk kesehatan otak, mata, dan fungsi serta perkembangan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin B12 dan yodium juga merupakan dua nutrisi lain yang ditemukan pada ikan yang bermanfaat untuk perkembangan otak serta sel darah merah pada bayi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More