Hari Meningitis Sedunia, Penting untuk Tahu 5 Fakta Ini!

Kamis, 05 Oktober 2023 - 11:29 WIB
Hari Meningitis Sedunia diperingati tiap 5 Oktober. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Hari Meningitis Sedunia diperingati tiap 5 Oktober. Meningitis atau radang selaput otak merupakan kondisi peradangan pada cairan serta selaput yang melapisi otak dan saraf tulang belakang.

Penyakit meningitis disebabkan oleh infeksi yang berasal dari virus atau jamur. Namun, kondisi ini sulit dikenali terutama pada tahap awal.

Tanda dan gejala yang timbul pun dapat menyerupai infeksi lain seperti demam, ruam kulit, muntah, nyeri kepala, leher kaku, sensitivitas terhadap cahaya, dan penurunan kesadaran.

Meningitis dapat mempengaruhi siapa saja di segala usia. Penyakit ini dapat berakibat fatal dalam beberapa jam dan menyebabkan cacat seumur hidup.





Berikut 5 fakta tentang penyakit meningitis, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (5/10/2023).

1. Jenis Meningitis

Dilansir dari laman Mayo Clinic, meningitis terbagi menjadi empat jenis berdasarkan penyebabnya, yakni:

- Meningitis Virus

Meningitis virus bersifat ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Jenis virus dari meningitis jenis ini adalah enterovirus, herpes simpleks, HIV, gondong, virus West Nile.

- Meningitis Kronis

Meningitis kronis berkembang dalam jangka waktu yang lama, sekitar dua minggu atau lebih. Meningits kronis disebabkan oleh jamur mycobacterium tuberculosis yang berkembang lambat di dalam otak.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More