Apa Itu Sianida? Bahan Kimia Kasus Kopi Maut Jessica Wongso yang Viral Lagi

Minggu, 08 Oktober 2023 - 08:29 WIB
Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016. Foto/ the sun.
JAKARTA – Apa itu Sianida? Banyak orang bertanya hal ini lantaran kembali viral terkait kasus kopi maut Jessica Wongso pada 2016.

Dilansir cdc.gov pada Minggu (8/10/2023), Sianida merupakan bahan kimia yang bekerja cepat dan berpotensi mematikan serta mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen.

Sianida dapat berupa gas atau cairan tidak berwarna, seperti hydrogen cyanide (HCN) atau cyanogen chloride (CNCl).



Sianida juga dapat berbentuk kristal (padat), seperti natrium sianida-sodium cyanide (NaCN) atau kalium sianida- potassium cyanide (KCN). Bahan ini juga dikenal dengan sebutan potassium cyanide (untuk hidrogen sianida-hydrogen cyanide) dan CK (untuk sianogen klorida- cyanogen chloride).



Sianida memiliki bau “almond pahit,” namun tidak selalu mengeluarkan bau dan tidak semua orang dapat mendeteksi bau tersebut.

Bagaimana Orang Bisa Terpapar Sianida?

Sianida terlepas ke udara

Orang dapat terpapar melalui kontak kulit, kontak mata atau menghirup gas sianida tersebut. Efeknya, gas sianida menyebabkan gejala muncul paling cepat, namun menelan sianida padat atau cair juga bisa menjadi racun.

Sianida dicampur air
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More