5 Makanan Ini Bantu Perlambat Penuaan, Murah dan Mudah Didapat

Minggu, 15 Oktober 2023 - 03:32 WIB
Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses penuaan, salah satunya adalah gaya hidup, termasuk pola makan. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Penuaan atau yang sering disebut dengan aging merupakan proses yang terelakkan dalam hidup. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi proses penuaan, salah satunya adalah gaya hidup, termasuk pola makan.

Beruntung, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk merawat kulit dan kesehatan Anda. Berikut adalah lima makanan yang tidak mahal dan dapat membantu memperlambat proses penuaan, dikutip dari laman Medical News Today, Minggu(15/10/2023).



1. Sayur Berdaun Hijau

Penelitian tahun 2018 menemukan bahwa satu porsi sayuran berdaun hijau setiap hari dapat membantu memperlambat penurunan kognitif akibat penuaan. Faktanya, orang yang mengonsumsi 1–2 porsi setiap hari memiliki mental 11 tahun lebih muda dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsinya.

Beberapa contoh sayur-sayuran hijau ini antara lain bayam, selada, kubis hijau, dan sayuran hijau lain.



2. Alpukat

Sebuah studi percontohan yang menunjukkan bahwa konsumsi satu buah alpukat setiap hari selama 8 minggu dapat meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit. Alpukat merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik, seperti asam oleat. Buah ini juga mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein, vitamin A, vitamin E, folat, niasin, dan vitamin B.

3. Minyak Zaitun

Penelitian pada 2019 yang melibatkan lebih dari 3.000 partisipan melaporkan bahwa minyak zaitun dapat memengaruhi berbagai tanda penuaan. Penelitian ini membandingkan efek penggunaan minyak zaitun secara eksklusif dengan efek penggunaan kombinasi minyak zaitun dan minyak lainnya dalam makanan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa penggunaan minyak zaitun secara eksklusif mempunyai kaitan dengan keberhasilan penuaan di antara orang-orang yang berusia di atas 70 tahun, termasuk mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia.

Minyak zaitun, terutama minyak zaitun murni, kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan juga mengandung antioksidan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More