Bahaya Konsumsi Gula Berlebih untuk Kecantikan, dari Jerawat hingga Penuaan Dini

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 15:01 WIB
loading...
Bahaya Konsumsi Gula Berlebih untuk Kecantikan, dari Jerawat hingga Penuaan Dini
Waspada bagi mereka yang suka makanan dan minuman yang mengandung gula. Tidak hanya buruk untuk kesehatan, juga kecantikan. Foto/ metro.co.uk
A A A
JAKARTA – Waspada bagi mereka yang suka makanan dan minuman yang mengandung gula . Pasalnya, mengonsumsi gula berlebih tidak hanya buruk untuk kesehatan, juga kecantikan.

Konten kreator sekaligus tenaga kesehatan, dr Nadia Alaydrus mengatakan terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis akan menyebabkan masalah kulit, seperti mengalami masalah jerawat hingga penuaan dini.



Dokter Nadia menjelaskan ketika mengonsumsi makanan manis, maka akan meningkatkan kadar insulin dan bisa terjadi insulin spike.

"Nah insulin yang meningkat ini juga bisa meningkatkan produksi sebum atau produksi minyak pada kulit. Yang kemudian dia akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat," kata Nadia dikutip dari Instagram @nadialaydrus, Sabtu (7/10/2023).

Tidak hanya jerawat, konsumsi gula juga dapat menyebabkan penuaan dini. Hal itu karena glukosa dan fruktosa yang ada pada makanan manis bisa merusak dua protein penting, yaitu kolagen dan elastin.

"Sudah pada tau dong ya kalau kolagen dan elastin itu adalah protein yang bisa membuat kulit kita tetap kencang dan elastis. Nah kalau kedua protein itu rusak otomatis kulit akan kendur dan keriput," ujar dia.



Bahaya makanan manis lainnya adalah dapat menyebabkan inflamasi dan peradangan pada kulit menjadi meningkat. Hal itu karena kadar insulin yang tidak seimbang membuat kulit kusam, kasar, dan tampak kemerahan.

"Selain ke kulit, makanan manis itu juga nggak baik karena menyebabkan sistem imun jadi melemah," tutur Nadia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)