Merasakan Pengalaman Multisensori di Festival Jajanan Bango 2023, Ini yang Bisa Dijelajahi

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 18:18 WIB
Penampakan galeri imersif yang menonjolkan berbagai pesona masakan Indonesia di Festival Jajanan Bango 2023 Jakarta. Foto/Istimewa
JAKARTA - Setelah digelar di Makassar pada awal Oktober, Festival Jajanan Bango (FJB) 2023 kembali menyapa warga Jakarta. Bertempat di Plaza Parkir Timur kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, festival kuliner yang tahun ini mengambil tema Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara itu berlangsung pada 27-29 Oktober 2023.

Dari tahun ke tahun, FJB selalu menampilkan sesuatu yang baru. Selain tentu saja menawarkan aneka hidangan dari barat hingga timur Indonesia yang berbeda-beda, festival kuliner satu ini juga selalu menghadirkan pengalaman lain sebagai atraksi buat para pengunjung.

Kemeriahan FJB 2023 sudah dirasakan ketika kita baru akan memasuki area festival. Begitu tiba di lokasi, pengunjung langsung disambut dengan instalasi yang menggambarkan proses pembuatan kecap manis Bango dengan empat bahan alaminya yakni kacang kedelai hitam Malika, gula aren, garam, dan air. Di instalasi yang dibuat seperti galeri tersebut tampak berjajaran beberapa pohon kedelai Malika yang selama ini mungkin hanya bisa dilihat di iklan, lengkap dengan bijinya yang hitam mengkilap.







Galeri ini akan menuntun pengunjung untuk memasuki area festival. Namun, di tahun ini ada tambahannya. Sebelum menjumpai booth-booth makanan dan minuman yang menggugah selera, kita akan dibawa dulu untuk menikmati sensasi berpetualang kuliner multisensori yang melibatkan lima indera melalui sebuah galeri imersif yang menonjolkan berbagai pesona masakan Indonesia.

Dengan memanfaatkan kepekaan kelima indera, pengalaman ini diharapkan dapat membangkitkan sejuta rasa di hati dan pikiran generasi muda untuk mengapresiasi kuliner Nusantara sebagai sebuah mahakarya yang patut dirayakan dan dilestarikan.



Foto/Istimewa
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More