6 Jenis Olahraga Terbaik untuk Meninggikan Badan, Renang hingga Bulutangkis

Kamis, 30 November 2023 - 07:17 WIB
Beberapa jenis olahraga dipercaya dapat membantu meninggikan badan, salah satunya renang. Foto Ilustrasi/iStock
JAKARTA - Beberapa jenis olahraga dipercaya dapat membantu meninggikan badan. Meski tak secara langsung, namun olahraga ini memiliki kontribusi cukup signifikan dalam menstimulasi pertumbuhan seseorang.

Tinggi badan sendiri sebenarnya sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Menurut laman Healtline, faktor genetik diperkirakan menyumbang sekitar 80% dari tinggi badan Anda. Selain itu, ada faktor lingkungan juga yang ikut mempengaruhi yakni nutrisi dan olahraga.

Nah, bicara olahraga, beberapa di antaranya dipercaya bisa membantu meninggikan badan. Merangkum berbagai sumber, Rabu (29/11/2023), berikut deretan olahraga tersebut.



Jenis Olahraga Terbaik untuk Meninggikan Badan

1. Bola Basket

Bermain bola basket secara rutin di usia muda memberikan efek positif bagi postur tubuh dan kesehatan tulang belakang. Selain itu, karena bola basket adalah olahraga yang memerlukan lompatan, maka hal ini dapat membantu memperkuat otot-otot kaki yang pada gilirannya membantu mempertahankan posisi tubuh yang tepat dan membuat Anda terlihat lebih tinggi.



Kendati demikian, perlu diingat bahwa pengaruh olahraga basket terhadap pertumbuhan tinggi badan berbeda-beda pada setiap orang. Karena struktur genetik dan laju pertumbuhan setiap orang juga berbeda-beda.

Itu artinya, bermain bola basket tidak menjamin pertumbuhan tinggi badan. Namun, latihan teratur selama masa perkembangan akan memiliki efek positif pada kesehatan dan postur tubuh secara umum.

2. Renang

Berenang memberikan efek positif bagi kesehatan tulang belakang. Jika berenang dilakukan dengan teknik yang benar, tulang belakang akan memanjang dengan baik sehingga berdampak positif pada postur tubuh.

Belum ada bukti ilmiah bahwa berenang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan. Pertumbuhan tinggi badan biasanya berakhir ketika lempeng pertumbuhan menutup dan proses ini bergantung pada faktor genetik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More