5 Fakta Manoushe Lebanon, Warisan Budaya Takbenda UNESCO

Jum'at, 08 Desember 2023 - 14:22 WIB
Kata Manoushe juga merupakan bentuk tunggal dari kata مناقيش (manaqish) yang berarti “roti-roti pipih” dalam bahasa Arab. Manoushe adalah makanan yang populer di negara-negara Timur Tengah.

3. Topping Terkenal untuk Manoushe



Dikutip dari Linsfood, topping paling populer dan terkenal untuk Manoushe adalah za’atar, yaitu campuran rempah-rempah dari Timur Tengah yang terdiri dari thyme, biji wijen, dan sumac. Za’atar memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan.



Selain itu, za’atar diyakini memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan daya ingat, melawan infeksi, dan menenangkan perut.

4. Masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO



Sejak tahun 2022, Lebanon telah mengajukan manoushe Lebanon sebagai warisan budaya takbenda kepada UNESCO. Lebanon berharap dengan mengajukan manoushe sebagai warisan budaya dapat melestarikan dan mempromosikan tradisi kuliner yang kaya dan beragam.

Lebanon juga menganggap jika manoushe sebagai makanan yang mencerminkan nilai-nilai sosial, budaya, dan ekonomi yang penting bagi masyarakat Lebanon, seperti keramahan, kekeluargaan, kreativitas, dan kemandirian.

5. Menjadi Makanan Jalanan Populer



Manoushe adalah makanan jalanan yang populer di negara-negara Levantin, seperti Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, dan Irak. Manoushe juga bisa ditemukan di kota-kota kosmopolitan seperti Paris dan London, yang menjual Manoushe dengan berbagai varian topping.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More