5 Manfaat Petai bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Rabu, 20 Desember 2023 - 16:16 WIB
Meskipun baunya menyengat, petai jadi salah satu makanan yang cukup digemari di Indonesia. Foto/iStock
JAKARTA - Petai atau pete dikenal dengan nama ilmiah Parkia Speciosa yang dalam bahasa Inggris disebut stinky beans atau bitter beans.

Petai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Asia Tenggara. Biji petai umumnya berwarna hijau cerah dengan aroma khas yang kuat dan menyengat.

Meskipun baunya menyengat, petai jadi salah satu makanan yang cukup digemari di Indonesia. Bisa dimakan mentah, ditumis, atau diolah menjadi berbagai campuran hidangan yang enak untuk disantap.

Berikut ini adalah lima manfaat pete alias petai bagi tubuh.

1. Sumber Serat yang Baik

Ingin menambah asupan serat Anda? Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambahkan petai dalam makanan Anda.



Petai adalah sumber serat makanan yang baik. Satu cangkir petai mengandung sekitar 7 gram serat, yaitu sekitar seperempat dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Serat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap teratur dan membantu mencegah sembelit.



2. Bantu Melancarkan Pencernaan

Petai dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu mengecilkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Petai juga sumber prebiotik yang baik, yaitu zat yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

Bakteri usus yang sehat penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi yang baik. Bakteri baik ini juga membantu menjaga sistem pencernaan bebas dari mikroba berbahaya. Petai juga dapat membantu meringankan sembelit dan diare.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More