Puasa Ramadhan di Rumah Bisa Berjalan Lancar? Yuk, #amininaja

Kamis, 30 April 2020 - 17:06 WIB
Pandemi corona membuat kegiatan teraweh ditiadakan di masjid, termasuk berbuka puasa bersama. Namun, hal ini tak menghentikan momen Ramadhan yang selalu ditunggu. Foto/gulf news
JAKARTA - Puasa Ramadhan ini, umat Islam dianjurkan untuk melakukan kegiatan ibadah di rumah. Ini terkait dengan kebijakan Pemerintah yang memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Kondisi ini membuat tidak ada kegiatan teraweh di masjid serta pengajian hingga buka puasa bersama. Namun, hal ini tidak menghentikan momen-momen Ramadan yang selalu ditunggu. Memasuki minggu kedua puasa, banyak kegiatan yang dapat dilakukan di rumah oleh umat Islam bersama keluarga dan teman selama bulan Ramadan. Dalam keterangan pers yang diterima, berikut kegiatan yang dapat dilakukan.

1. Memasak dan menyiapkan menu berbuka dan sahur bersama

Apabila Anda hobi memasak, Anda dapat menyiapkan makanan berbuka dan sahur bersama keluarga. Gunakan momen ini untuk belajar menu baru dan mengajak orang rumah untuk masak bersama. Anda juga bisa mulai mencoba membuat makanan yang bisa dijadikan hampers lebaran untuk keluarga maupun tetangga loh.

2. Berbuka puasa bersama secara online



Bukan Ramadan rasanya jika tidak ada kegiatan berbuka puasa bersama. Gunakan aplikasi video conference untuk berbuka puasa bersama secara online. Selain salat berjamaah bersama anggota keluarga.

3. Pengajian bersama secara online

Tidak menutup kemungkinan bahwa pengajian dapat dilakukan secara online bersama melalui beberapa platform video conference. Selain dapat tetap meningkatkan ketaqwaan, Anda juga dapat merasakan perasaan gembira dengan bertatap muka melalui media dan menyapa teman yang sudah lama tidak bertemu. Pengajian bersama secara online ini juga dapat dilakukan secara berkelanjutan sampai lebaran.

4. Mulai belajar hal baru
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More