6 Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa, Termasuk Kebanyakan Makan Gorengan

Senin, 01 April 2024 - 19:45 WIB
loading...
6 Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa, Termasuk Kebanyakan Makan Gorengan
Penyebab berat badan naik saat puasa bisa dipicu oleh beberapa faktor. Termasuk konsumsi makan berlebihan yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Penyebab berat badan naik saat puasa bisa dipicu oleh beberapa faktor. Termasuk konsumsi makan berlebihan saat buka puasa, yang mana beberapa orang cenderung mengonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah yang berlebihan, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, konsumsi makanan tinggi gula dan lemak juga bisa menjadi penyebab berat badan naik saat puasa . Ini karena makanan dan minuman yang tinggi gula dan lemak seringkali menjadi pilihan saat berbuka puasa, yang dapat menyebabkan penambahan kalori dan peningkatan berat badan.

Padahal, puasa sendiri seharusnya menjadi momen untuk memperbaiki gaya hidup sehingga mendukung kesehatan tubuh. Namun sayang, justru banyak orang mengeluh berat badan naik selama puasa. Lantas apa saja penyebab lainnya yang memicu kondisi ini?

Penyebab Berat Badan Naik saat Puasa

Berikut penyebab berat badan naik saat puasa dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/4/2024)



1. Melewatkan Sahur


Penyebab berat badan naik saat puasa yang pertama adalah sering melewatkan waktu sahur. Beberapa orang beranggapan bahwa tidak makan sahur bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat karena mengurangi asupan kalori tubuh.

Padahal, anggapan tersebut salah. Kebiasaan melewatkan sahur justru membuat tubuh menjadi sangat lapar. Hal tersebut dapat meningkatkan nafsu makan saat berbuka puasa, sehingga bisa menyebabkan seseorang cenderung mengonsumsi makanan secara berlebihan.

2. Tidur Setelah Sahur


Kebiasaan tidur setelah sahur juga berisiko menyebabkan berat badan bertambah saat puasa. Hal ini menyebabkan asupan kalori yang didapatkan setelah makan sahur akan dibakar dalam jumlah sedikit.

Saat tidur, proses metabolisme di dalam tubuh berjalan cenderung lebih lambat dibandingkan ketika beraktivitas. Akibatnya, kalori yang tidak digunakan akan menumpuk menjadi lemak dan menyebabkan berat badan naik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)