Manfaat Mengejutkan dari Puasa Bicara, Baik untuk Penderita Darah Tinggi

Jum'at, 05 April 2024 - 12:00 WIB
loading...
Manfaat Mengejutkan dari Puasa Bicara, Baik untuk Penderita Darah Tinggi
Puasa bicara ternyata menyimpan banyak manfaat mengejutkan bagi kesehatan. The Guardian menegaskan bahwa puasa memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Foto/New York Post
A A A
JAKARTA - Puasa bicara ternyata menyimpan banyak manfaat mengejutkan bagi kesehatan yang jarang diketahui. Meskipun terdengar tidak lazim, The Guardian menegaskan bahwa puasa memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH) pada 2005 menetapkan bahwa periode hening bisa menurunkan tekanan darah secara drastis bagi partisipan yang melakukan puasa bicara . Hal ini menjadi kabar baik bagi penderita darah tinggi atau hipertensi.

Dilansir dari New York Post, Jumat (5/4/2024) sementara itu, sebuah studi pada 2021, yang juga diterbitkan di NIH, menemukan bahwa praktik tersebut membantu menurunkan kadar kortisol atau hormon stres.

Selain itu, psikolog Dr. Robert N. Kraft telah menegaskan bahwa puasa bicara yang berkepanjangan membantu seseorang menjadi pendengar yang lebih baik. Namun ada beberapa kelemahan dari puasa bicara, kecuali fakta nyata bahwa Anda tidak dapat mengomunikasikan kebutuhan dengan jelas dan cepat.



Menurut penelitian yang diterbitkan pada 2022, mereka yang lebih sedikit berbicara dianggap kurang disukai mesk Kraft mengklaim bahwa diam membuat Anda menjadi pendengar yang lebih baik.

Di sisi lain, meskipun tidak praktis untuk berdiam diri setiap pagi, ada kemungkinan beberapa manfaat jika jarang melakukan puasa bicara.

The Guardian menegaskan bahwa puasa bicara bukan sekadar tren zaman baru bagi orang-orang terkenal. Sebab, puasa telah dipraktikkan dengan berbagai nama di berbagai budaya selama berabad-abad.

Dalam filsafat Hindu, mauna adalah praktik keheningan, mengajarkan bahwa menenangkan suara membantu mengenali latar belakang keheningan yang merupakan sifat sejati manusia. Hal ini membuktikan bahwa keheningan memang baik.



Puasa bicara pun telah dilakukan oleh penyanyi asal Skotlandia, Lulu. Dia mengatakan bahwa mempraktikkan puasa bicara, berdiam diri hingga tengah hari. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk menjaga pita suaranya.

"Ini membantu merawat instrumen saya. Ini memungkinkan saya untuk bernyanyi," kata Lulu.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)