5 Cara Meredakan Sakit Perut secara Alami, Nomor 1 Paling Mudah

Selasa, 09 Januari 2024 - 07:25 WIB
Sakit perut kerap mengganggu aktivitas. Nah, begini mengatasinya. Foto/ patientpop
JAKARTA - Sakit perut kerap mengganggu aktivitas, di mana rasa sakit atau pegal yang dialami seseorang di antara dada dan selangkangan.

Intensitas nyeri ini bervariasi dan memengaruhi berbagai area perut, seperti hati, kantung empedu, pankreas hingga usus.



Rasa sakit pada bagian perut ini pun beragam seperti mulas, kembung hingga bergas. Penyababnya juga perlu diketahui lebih lanjut.

Bila Anda merasakan sakit atau tak nyaman pada perut, Anda bisa melakukan beberapa tips ini di rumah. Ini bisa meredakan sakit pada perut dengan cara alami.



Penasaran, bagaimana tips meredakan sakit perut yang bisa dilakukan di rumah? Berikut tipsnya dilansir Medical News Today, Selasa (9/1/2024).

Cara Meredakan Sakit Perut

1. Minum Air

Cara pertama ialah meminum air. Tubuh membutuhkan air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien.

Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, sehingga meningkatkan kemungkinan sakit perut. Selain itu, minum air putih dapat membantu mengurangi sakit maag.

2. Tidak Berbaring

Menghindari berbaring dapat mencegah gangguan pencernaan menjadi mulas. Saat tubuh dalam posisi horizontal, asam lambung lebih cenderung bergerak mundur dan naik, sehingga bisa menyebabkan mulas.

Oleh karena itu, penderita sakit perut sebaiknya menghindari berbaring atau tidur setidaknya selama beberapa jam hingga sakit perut berlalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More