Mengenal Nefropati Diabetik, Penyebab Gagal Ginjal akibat Diabetes

Jum'at, 12 Januari 2024 - 04:28 WIB
Mengantuk (penyakit ginjal stadium akhir)

Kelainan irama teratur jantung, karena peningkatan kalium dalam darah

Otot berkedut

Ketika kerusakan ginjal semakin parah, ginjal Anda tidak dapat membuang limbah dari darah Anda. Limbah tersebut kemudian menumpuk di tubuh dan dapat mencapai tingkat beracun, suatu kondisi yang dikenal sebagai uremia.

Penderita uremia sendiri sering kali mengalami kebingungan dan terkadang mengalami koma.

Bagaimana Nefropati Diabetik Didiagnosis?

Tes darah tertentu yang mencari kandungan kimia darah tertentu dapat digunakan untuk mendiagnosis kerusakan ginjal. Penyakit ini juga dapat dideteksi sejak dini dengan menemukan protein dalam urin. Tersedia perawatan yang dapat membantu memperlambat perkembangan gagal ginjal. Itu sebabnya Anda harus melakukan tes urine setiap tahun jika Anda menderita diabetes.

Cara Mengobati Nefropati Diabetik

Menurunkan tekanan darah dan menjaga kontrol gula darah mutlak diperlukan untuk memperlambat perkembangan nefropati diabetik. Ada obat-obatan yang tersedia yang terbukti memperlambat perkembangan kerusakan ginjal. Mereka termasuk:

Penghambat SGLT2 termasuk bexagliflozin (Brenzavvy), dapagliflozin (Farxiga), empagliflozin (Jardiance), dan ertugliflozin (Steglatro), yang membantu mengontrol gula darah tinggi.



Inhibitor enzim pengonversi angiotensin (ACE) dapat membantu memperlambat perkembangan kerusakan ginjal. Meskipun ACE inhibitor – termasuk ramipril (Altace), quinapril (Accupril), dan lisinopril (Prinivil, Zestril) – biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan masalah medis lainnya, obat ini sering diberikan kepada penderita diabetes untuk mencegah komplikasi, meskipun tekanan darahnya normal.

Penghambat reseptor angiotensin (ARB) sering kali dapat diberikan jika Anda mengalami efek samping akibat penggunaan penghambat ACE.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More