8 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih di Musim Hujan

Kamis, 08 Februari 2024 - 15:06 WIB
Musim hujan dapat meningkatkan risiko tertular infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Foto/
JAKARTA - Musim hujan dapat meningkatkan risiko tertular infeksi, termasuk infeksi saluran kemih. Namun, jika memperhatikan dan melakukan beberapa perubahan sederhana, penyakit itu bisa dihindari.

Apa itu infeksi saluran kemih?

Seperti namanya, infeksi saluran kemih terjadi ketika infeksi terjadi di bagian mana pun dari sistem saluran kemih. Semua bagian yang membentuk sistem kemih termasuk ginjal, uretra, kandung kemih, dan rahim. Kebanyakan infeksi terjadi di saluran kemih bagian bawah – kandung kemih dan uretra.



Dilansir Health Shots, wanita lebih rentan terkena ISK dibandingkan pria. Jika infeksi berkembang di kandung kemih, hal ini bisa sangat menyakitkan dan menjengkelkan. Dalam kasus yang parah, ISK dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Cara mengatasi infeksi saluran kemih

1. Tetap terhidrasi

“Dalam cuaca dingin, godaan untuk mengurangi asupan air adalah hal biasa. Namun, menjaga hidrasi yang tepat sangat penting untuk mengeluarkan bakteri dari sistem saluran kemih Anda. Usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari, dan pertimbangkan teh herbal hangat agar tetap nyaman,” kata Dr Prakash Chandra Shetty, Ahli Urologi di Mumbai.



2. Hindari menahan buang air kecil

Saat Anda merasa ingin buang air kecil, segera lakukan. Menahan kencing memungkinkan bakteri berkembang biak di kandung kemih, sehingga meningkatkan risiko infeksi saluran kemih (ISK). Biasakan untuk mendengarkan tubuh Anda dan pergi ke kamar mandi bila diperlukan.

3. Pilih pakaian dalam yang nyaman

Pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat adalah pilihan yang sangat baik untuk menjaga area genital tetap kering dan sehat. Lingkungan lembab menciptakan tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri, jadi memilih kain yang dapat menyerap keringat membantu mencegah infeksi.

4. Menjaga kebersihan diri

“Kebersihan pribadi sangat penting, terutama saat musim dingin. Mandi secara teratur membantu menjaga tubuh Anda tetap bersih, dan menyeka dengan benar setelah menggunakan toilet mencegah penyebaran bakteri,” kata sang ahli.

5. Berpakaian hangat

“Daerah panggul sangat rentan terhadap suhu dingin. Berlapis dan mengenakan pakaian hangat tidak hanya membuat Anda nyaman tetapi juga membantu menjaga kestabilan suhu tubuh,” tutur Dr Prakash Chandra Shetty.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More