Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Pakai Skincare, tapi Jangan Gunakan serta Kenai Bagian Ini

Minggu, 11 Februari 2024 - 11:30 WIB
Produk skincare yang tergolong aman buat ibu hamil adalah yang formulanya tidak terserap sampai ke lapisan kulit terdalam untuk meminimalisir risiko pada janin. Foto Ilustrasi/iStock
SURABAYA - Wanita terkadang kurang percaya diri dengan perubahan kulit mereka saat hamil dan menyusui. Karena itu, mereka mencoba mengatasinya dengan menggunakan skincare.

Sebagian besar kandungan skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui karena produk tersebut tidak mudah terserap ke dalam aliran darah. Kondisi ini tak mengganggu kehamilan dan proses menyusui.

Menurut pakar kesehatan kulit dari Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Neny Triastuti, produk skincare yang tergolong aman adalah produk yang formulanya tidak terserap sampai ke lapisan kulit terdalam untuk meminimalisir risiko pada janin.







Ia menegaskan, seseorang harus berhati-hati mengaplikasikan skincare terutama di area yang terjangkau bayi seperti bagian leher dan dada.

“Jangan sampai kandungan skincare yang diaplikasikan di area tersebut terkena kulit atau mulut bayi pada saat para ibu sedang menggendong dan menyusui bayinya,” ujar Neny.

Menurutnya, tidak ada larangan pemakaian skincare pada ibu hamil dan menyusui, tetapi ada beberapa komposisi skincare yang wajib dihindari oleh ibu hamil dan menyusui karena dapat menimbulkan risiko kelahiran cacat.

Neny menjelaskan beberapa jenis kandungan skincare yang tidak boleh digunakan ibu hamil dan menyusui. Berikut ini daftar kandungan skincare yang tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More