Protein Hewani vs Nabati, Mana yang Lebih Baik?

Minggu, 11 Februari 2024 - 04:48 WIB
loading...
Protein Hewani vs Nabati, Mana yang Lebih Baik?
Protein adalah bahan pembangun tubuh, tetapi mana yang lebih penting, protein hewani vs protein nabati? Foto/ adobe
A A A
JAKARTA - Protein adalah bahan pembangun tubuh, tetapi mana yang lebih penting, protein hewani vs protein nabati?

Ketika Anda memikirkan protein , telur adalah nama pertama yang muncul di kepala. Ya, ini adalah sumber protein yang baik, tetapi itu bukan satu-satunya sumber protein yang ada!

Protein ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk makanan hewani dan nabati. Perdebatan antara protein hewani vs protein nabati merupakan argumen kuno yang masih terus berlanjut hingga saat ini.

Protein hewani umumnya dianggap sebagai protein lengkap, mengandung semua asam amino esensial, sedangkan beberapa makanan nabati dianggap tidak lengkap.

Mengapa Anda membutuhkan protein?
Protein sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, berfungsi sebagai bahan pembangun jaringan, otot, organ, enzim, hormon, dan kekebalan. Ini membantu dalam memperbaiki dan membangun massa otot, mendukung proses metabolisme, dan membuat Anda merasa kenyang.

Tanpa protein yang cukup, Anda mungkin mengalami kelemahan otot, kelelahan, gangguan fungsi kekebalan tubuh, dan penyembuhan luka yang tertunda. Menurut Harvard Health Publishing, tunjangan diet yang direkomendasikan (RDA) untuk protein adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan.

Manfaat protein hewani
“Sumber protein hewani seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan makanan olahan susu cenderung menjadi sumber protein lengkap yang baik dibandingkan sumber protein nabati,” menurut Dr Manish Itolikar, dikutip healthshots.

Protein hewani mengandung semua asam amino esensial, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta mendukung fungsi kekebalan dan produksi hormon. Selain itu, protein hewani kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B12, zat besi, seng, dan asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan otak, produksi sel darah merah, fungsi kekebalan tubuh, dan vitalitas secara keseluruhan.

Selain itu, protein hewani dapat membantu pengelolaan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga dapat membantu mengontrol asupan kalori dan mencegah makan berlebihan. Secara keseluruhan, mengonsumsi protein hewani dalam jumlah sedang dapat menunjang berbagai fungsi tubuh.

Manfaat protein nabati
Protein nabati seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian sering kali kaya akan serat, yang dikenal dapat membantu meningkatkan pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan membantu mengatur kadar gula darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)