7 Jenis Tepung Kue dan Cara Mengolahnya

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:25 WIB
Ada tujuh jenis tepung kue yang paling sering digunakan. Tepung-tepung tersebut menghasilkan rasa yang enak sepanjang takaran dan cara mengolahnya tepat. Foto/MNC Media
JAKARTA - Ada tujuh jenis tepung kue yang paling sering digunakan. Tepung-tepung tersebut terbukti menghasilkan rasa yang enak sepanjang takaran dan cara mengolahnya tepat.

Setiap jenis tepung itu memiliki karakteristik, bahan baku dan fungsinya masing-masing. Meski tepung terigu terbilang paling populer sebagai bahan dasar sejumlah penganan, masih ada beberapa jenis tepung lainnya yang bisa jadi alternatif. Di antaranya:

Jenis Tepung Kue





1. Tepung Tapioka





Jenis tepung ini sering digunakan dalam pembuatan kue tradisional. Tepung tapiokai terbuat dari sari pati umbi singkong. Tekstur kenyal khas singkong akan terasa sekali jika Anda mencampurkan tepung tapioka dalam adonan kue Anda.

2. Tepung Terigu



Semua orang pasti mengenal tepung terigu. Karena jenis tepung ini merupakan tepung yang dikenal dan sangat sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Secara garis besar, tepung terigu bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah.

Tepung terigu protein sedang paling cocok digunakan untuk bermacam-macam makanan. Sementara tepung terigu protein tinggi lebih pas untuk membuat roti dan mie. Tetapi jika Anda ingin membuat bakpao dan kue kering, tentu Anda mesti menggunakan tepung terigu protein rendah.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More