8 Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Didukung Sains

Rabu, 13 Maret 2024 - 17:50 WIB
Puasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang telah terbukti secara sains. Termasuk penurunan berat badan, pengendalian gula darah, dan perlindungan. Foto/Istock Photo
JAKARTA - Puasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang telah terbukti secara sains. Termasuk penurunan berat badan, pengendalian gula darah, dan perlindungan terhadap kondisi medis seperti kanker dan gangguan neurodegeneratif.

Tidak hanya menjadi kewajiban umat Muslim untuk menjalankannya di bulan Ramadan, puasa juga telah diterapkan dalam metode diet mengingat manfaatnya begitu besar. Praktik ini dikenal dengan nama intermittent fasting.

Berikut manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh sains dilansir dari Health Line, Rabu (13/3/2024).

Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Didukung Sains







1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah



Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan pengendalian gula darah, yang bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Sebuah studi 2023 terhadap 209 orang menemukan puasa 3 hari seminggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan meningkatkan sensitivitas insulin.

Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien. Ditambah dengan potensi efek penurunan gula darah dari puasa, hal ini dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah.

2. Melawan Peradangan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More