5 Cara Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa, Gak hanya Sikat Gigi

Rabu, 13 Maret 2024 - 09:33 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa, Gak hanya Sikat Gigi
Bau mulut menjadi masalah yang dihadapi saat berpuasa. Lalu, bagaimana mengatasinya? Foto/ premierdentalohio
A A A
JAKARTA - Berpuasa di bulan Ramadan bukan hanya mensucikan diri secara spiritual, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya membantu menahan keinginan diri untuk mengkonsumsi makanan lebihan.

Namun, masalah yang muncul saat berpuasa adalah bau mulut . Ini wajar saja karena tubuh tidak terhidrasi dan membuat aliran air liur menjadi berkurang. Padahal, air liur memiliki peran yang penting untuk mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut.



Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau mulut saat berpuasa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Cara mencegah bau mulut

1. Rutin sikat gigi dua kali sehari

Selama berpuasa, Anda harus tetap menyikat gigi dua kali dalam satu hari, bisa saat setelah sahur dan setelah buka puasa. Pastikan Anda menyikat gigi selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride. Menyikat gigi dapat menghilangkan partikel makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

2. Bersihkan lidah

Salah satu hal yang tak boleh ketinggalan saat sikat gigi yaitu membersihkan lidah. Terkadang masih banyak orang yang hanya menyikat seluruh sisi gigi tanpa ikut membersihkan bagian lidah. Padahal bakteri yang menempel di lidah bisa menyebabkan bau mulut lho. Maka sebaiknya gunakan alat pengikis lidah untuk menghempas bakteri tersebut.

3. Tetap terhidrasi saat berbuka puasa

Selama berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan banyak cairan. Sehingga hal ini membuat mulut mengeluarkan bau tak sedap karena minimnya aliran air liur yang bisa membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur dan setelah berbuka.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik sangat bagus untuk menjaga kesehatan usus dan meningkatkan bakteri baik pada usus. Hal ini juga dapat meminimalisir munculkan bau mulut saat berpuasa. Anda bisa konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, kimchi, kefir, dan lain-lain.


5. Batasi minuman manis dan berkafein

Sebaiknya selama berpuasa hindari minuman manis dan berkafein. Jika Anda kecanduan, maka coba kurangi porsi minum Anda. Sebab minuman berkafein seperti kopi dan teh memiliki efek diuretik yang bisa membuat Anda kehilangan lebih banyak cairan tubuh. Sedangkan minuman manis bisa membuat bau mulut dengan mendorong pertumbuhan bakteri di mulut.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3409 seconds (0.1#10.140)