5 Tips Menyimpan Kue Lebaran agar Awet dan Tetap Renyah

Senin, 25 Maret 2024 - 04:40 WIB
Ada cara-cara menyimpan kue kering yang benar agar tetep renyah dan tahan lama. Foto/iStock
JAKARTA - Momen lebaran biasanya identik dengan sajian kue kering. Mulai nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, lidah kucing, dan masih banyak lagi.

Biasanya, saat lebaran masyarakat Indonesia kerap menyajikan kue kering hingga bertoples-toples. Salah satunya bertujuan agar bisa selalu dihidangkan untuk para tamu saat melakukan halal bihalal.

Namun, kue kering kerap tidak habis karena teksturnya sudah mulai melempem, tidak renyah, dan aromanya sudah berbeda. Hal ini bisa jadi dikarenakan proses penyimpanannya yang tidak benar. Karena sebenarnya kue kering tidak bisa sembarangan diletakkan dalam toples begitu saja.



Ada cara-cara menyimpan kue kering yang benar agar tetep renyah dan tahan lama. Berikut beberapa tipsnya, dilansir dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2024).



1. Dinginkan Kue Terlebih Dulu

Bagi Anda yang membuat kue kering sendiri, sebaiknya jangan langsung memasukkan kue kering yang baru diangkat dari oven ke dalam toples. Karena biasanya kue tersebut masih lembek dan rentan rusak.

Diamkan kue kering di udara terbuka beberapa saat hingga benar-benar dingin. Setelah itu, baru Anda susun di dalam toples atau wadah. Pasalnya, jika langsung menyimpan kue yang baru matang dan masih hangat tersebut ke dalam toples dan ditumpuk akan membuat kue cepat rusak dan melempem.

2. Pastikan Wadah Kering

Sebelum Anda memasukkan kue kering ke dalam toples atau wadah, pastikan dulu kalau tempat kue tersebut kering.

Jika wadah baru dicuci dan dibersihkan dengan air, lap dahulu wadah sampai kering dan angin-anginkan beberapa saat. Bila perlu jemur di bawah sinar matahari agar benar-benar kering. Sebab jika Anda meletakkan kue kering di dalam wadah yang lembab akan membuat kue bukan hanya melempem, tapi juga cepat berjamur.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More