3 Penyakit yang Rentan Terjadi saat Puasa dan Penyebabnya

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:10 WIB
Penyakit yang rentan terjadi saat puasa penting untuk diwaspadai. Masalah kesehatan ini sering muncul dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor tanpa disadari. Foto/Istock Photo
JAKARTA - Penyakit yang rentan terjadi saat puasa penting untuk diwaspadai. Masalah kesehatan ini sering muncul dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang tanpa disadari justru dilakukan setiap hari.

Penting untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa dengan memperhatikan pola makan yang seimbang, minum cukup air, menjaga aktivitas fisik, dan mengelola stres. Jika Anda mengalami penyakit selama puasa, konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

"Sudah muncul nih penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bulan puasa. Udah mulai meningkat," kata dokter spesialis penyakit dalam, Doddy Rizqi Nugraha dikutip dari akun Instagram pribadinya,@dr.doddyrizqi, Rabu (27/3/2024).

Penyakit yang Rentan Terjadi saat Puasa dan Penyebabnya







1. Penyakit Lambung



"Penyakit perlambungan baik dari dispepsia, perih ya atau GERD yang sampai naik ke atas. Karena lambung yang awalnya istirahat itu langsung dibebani dengan banyak makanan dan makanannya kan pun aneh-aneh," jelasnya.

"Alhasil mual, alhasil naik ke atas. Belum lagi kalau kamu habis sahur langsung tidur. Harusnya turun tuh makanan, eh malah ngedon di lambung. Naik deh ke atas," tambahan.

2. Gula Darah, Kolesterol, dan Asam Urat

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More