Tips Kelola THR: Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan

Senin, 01 April 2024 - 05:05 WIB
Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang paling ditunggu para pekerja saat mendekati Idul Fitri. Foto Ilustrasi/Pexels
SURABAYA - Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang paling ditunggu para pekerja saat mendekati Idul Fitri. Penerimaan THR beriringan dengan keinginan memenuhi sederet kebutuhan. Jika tidak cerdas mengelolanya, bisa jadi THR habis, kebutuhan masih banyak.

Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Airlangga (Unair) Nur Aini Hidayati memberi tips cerdas mengelola THR. Dia mengingatkan masyarakat untuk bijak dan baik dalam mengelola THR. Pemborosan terjadi akibat tidak adanya rancangan skala prioritas.

Mereka cenderung mengutamakan keinginan, bukan kebutuhan. Hal tersebut sangat salah kaprah sehingga mengakibatkan THR habis sebelum kebutuhan primer terpenuhi.







Menurutnya, salah satu hal yang dapat meminimalkan sifat boros adalah menentukan skala prioritas. Dengan begitu, masyarakat dapat mengetahui alokasi dana yang terpakai untuk kebutuhan mereka.

“Jangan sampai kita terlena membelanjakan uang THR sembarangan tanpa rancangan skala prioritas yang tepat. Sehingga kewajiban-kewajiban yang seharusnya kita tunaikan tidak dapat dilaksanakan. Terutama kewajiban untuk membayar zakat,“ katanya.

Nur Aini mengingatkan untuk tidak lupa berbagi. Jika memiliki keinginan untuk berbagi pada sanak saudara dan orang-orang yang membutuhkan, sebaiknya melakukan listing siapa saja yang menerima. Hal itu dapat meminimalisir adanya over budgeting, anggaran berlebihan, saat momen Lebaran tiba.

“Perlu diingat, dalam hal ini harus mendahulukan orang tua sebagai rasa syukur dan terima kasih kita,” ujarnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More