8 Penyakit Pasca-lebaran akibat Makan Berlebihan, Kolesterol hingga Asam Urat

Sabtu, 13 April 2024 - 07:30 WIB
Sajian khas Lebaran kerap membuat ‘kalap’. Jika mengonsumsinya berlebihan, bisa memicu beragam penyakit. Foto/ Instagram
JAKARTA - Sajian khas Lebaran kerap membuat ‘kalap’. Ini karena rasanya yang lezat dan hanya dihadirkan di hari spesial. Namun, jika mengonsumsinya berlebihan, bisa memicu berbagai macam penyakit.

Ada pun penyakit pasca-lebaran yang kerap dialami banyak orang, seperti diare, sindrom dispepsia, radang tenggorokan hingga diabetes.



Berikut beberapa macam penyakit setelah lebaran yang perlu diwaspadai, dilansir dari laman Siloam Hospital, Sabtu (13/4/2024).

Penyakit Pasca-lebaran

1. Kolesterol Tinggi

Asupan makanan berlemak, seperti gorengan, jeroan, dan santan, yang tidak terkontrol saat lebaran diketahui berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.



Jika terjadi secara terus-menerus, peningkatan kadar kolesterol jahat ini dapat memicu komplikasi serius, seperti jantung koroner hingga serangan jantung.

2. Diabetes

Konsumsi hidangan lebaran yang mengandung gula tinggi secara berlebihan diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Jika dibiarkan, kondisi ini berisiko menimbulkan penyakit diabetes. Karena itu, ada baiknya untuk membatasi konsumsi makanan tinggi gula selama lebaran guna menjadi kadar gula darah agar tetap stabil.

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan peradangan yang terjadi di tenggorokan dan dengan rasa perih serta nyeri ketika menelan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More