Keunikan Kelapa Bakar Indonesia Mendunia, Bikin Wisatawan Mancanegara Penasaran Mencoba

Selasa, 16 April 2024 - 12:12 WIB
Kalau biasanya air kelapa disajikan dengan es dan gula, namun berbeda dengan minuman kelapa yang satu ini, yaitu kelapa bakar. Foto/X @gunsnrosesgirl3
JAKARTA - Air kelapa termasuk salah satu minuman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Terlebih jika Anda sedang pelesiran ke daerah pantai, maka akan semakin mudah menemukan penjual kelapa.

Kelapa sendiri memiliki segudang manfaat yang bagus untuk tubuh, salah satunya mengandung elektrolit yang bisa membantu menghidrasi tubuh. Maka tak heran banyak orang minum air kelapa ketika menghadapi cuaca panas.

Kalau biasanya air kelapa disajikan dengan es dan gula, namun berbeda dengan minuman kelapa yang satu ini, yaitu kelapa bakar. Sesuai namanya, kelapa ini melalui proses pembakaran terlebih dulu sebelum akhirnya disajikan.







Minuman kelapa bakar sudah banyak dijual di beberapa daerah di Indonesia.

Melansir akun X @gunsnrosesgirl3, Selasa (16/4/2024), salah satu netizen dari luar negeri membagikan sebuah video yang berisi tentang proses pembuatan kelapa bakar. Kelapa muda dibakar terlebih dulu menggunakan sebuah alat bakaran yang bagian bawahnya terdapat api panas. Kemudian kelapa hijau ditaruh di atas tungku tersebut dan ditutup bagian atasnya agar seluruh bagian kelapa terbakar sempurna.

Apabila seluruh bagian kelapa sudah kehitaman dan berasap, maka kelapa tersebut sudah terbakar sempurna dan siap untuk di kupas kulitnya. Bahkan pedagang tersebut mengupas bagian kulit kelapa bakar dalam keadaan yang masih sangat panas dan mengeluarkan asap.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More