Ungguli Ramen, Rawon dan Soto Betawi Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 10:30 WIB
Dua makanan khas Nusantara yakni rawon asal Surabaya dan soto betawi dari Jakarta, dinobatkan sebagai sup terenak di dunia oleh Taste Atlas. Foto/iStock
JAKARTA - Kuliner Indonesia kembali menorehkan prestasi membanggakan. Dua makanan khas Nusantara yakni rawon asal Surabaya dan soto betawi dari Jakarta, dinobatkan sebagai sup terenak di dunia oleh Taste Atlas.

Secara keseluruhan, rawon dan soto betawi menempati urutan pertama dan kedua dengan raihan bintang sebanyak 4,7. Perolehan ini mengungguli sajian sup lain dari berbagai dunia yang tak kalah lezat.

Menariknya, rawon dan soto betawi mengalahkan ramen, sajian mi Jepang yang sangat populer di Indonesia. Bahkan di kota besar seperti Jakarta, sangat banyak restoran atau gerai khusus ramen dibandingkan yang menjajakan rawon maupun soto betawi.







Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Hal ini dibuktikan dengan disebutnya makanan ini dalam Prasasti Taji (901 M) di Ponorogo, Jawa Timur.

Makanan berkuah hitam tersebut menggunakan bahan utama daging sapi yang dimasak dengan metode lambat dan campuran bumbu-bumbu rempah khas. Salah satu kunci kelezatan dan keunikan rawon adalah penggunaan keluak.

Bahan satu ini memberikan cita rasa khas dan membuat kuahnya menjadi berwarna hitam pekat, sehingga banyak wisatawan mancanegara menyebutnya black soup. Namun, apabila tidak diolah dengan baik, maka keluak bisa menjadi beracun yang berbahaya bagi tubuh.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More