8 Buah yang Bikin Perut Kembung, Mangga Menghasilkan Gas yang Buruk

Minggu, 26 Mei 2024 - 15:28 WIB
Buah-buahan memang sehat, tapi beberapa di antaranya bisa menyebabkan perut kembung. Foto/ fruitguys
JAKARTA - Buah-buahan memang sehat, tapi beberapa di antaranya mungkin menyebabkan perut kembung . Anda pun perlu mewaspadainya.

Kembung merupakan masalah pencernaan yang ditandai dengan sensasi penuh, sesak atau bengkak pada perut. Sensasi ini bisa disertai dengan gas sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Hal ini sering terjadi ketika gas menumpuk di saluran pencernaan.



Boleh saja buah-buahan ini di makan, tetapi dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan mengonsumsinya. Dikutip healths hots, berikut ulasannya.

Buah yang Bikin Perut Kembung

1. Apel



Tinggi serat, vitamin C, dan antioksidan, apel banyak dikonsumsi sebagai camilan sehat, namun bisa menyebabkan kembung jika dimakan dalam jumlah banyak, kata ahli gizi Charu Dua. Apel mengandung fruktosa dan serat tingkat tinggi yang dapat difermentasi di usus besar, dan dapat menyebabkan kembung dan gas, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada 2020.

2. Semangka

Semangka, favorit musim panas, menghidrasi dan kaya akan vitamin A dan C. Semangka mengandung fruktosa dan poliol tingkat tinggi, berkontribusi terhadap fermentasi dan produksi gas.



3. Persik

Persik memiliki manfaat kesehatan, berkat vitamin A dan C, serta kandungan seratnya. Tapi persik juga tinggi fruktosa, menyebabkan fermentasi dan akhirnya kembung. Sekitar 100 gram buah persik, Anda akan mendapatkan 8,39 gram total gula, termasuk fruktosa, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More