4 Kebiasaan Buruk Orang Tua saat Menyiapkan Makanan Anak, Tidak Cuci Tangan

Jum'at, 07 Juni 2024 - 07:31 WIB
Sering kali orang tua melakukan kebiasaan yang buruk saat menyiapkan makanan untuk anak. Foto/ eatright
JAKARTA - Menyiapkan makanan untuk anak memerlukan ketelitian. Namun, sering kali orang tua melakukan kebiasaan yang ternyata buruk untuk kualitas pangan si kecil.

Menyambut World Food Safety Day atau Hari Keamanan pangan pada hari ini, 7 Juni 2024, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengajak orang tua untuk lebih sadar dengan adanya kebiasaan buruk saat menyiapkan makanan anak yang bisa mengakibatkan kontaminasi bakteri.





dr. Moretta Damayanti Fauzi, Sp.A(K), M,Kes, selaku Anggota UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI mengungkap adanya beberapa kebiasaan buruk orang tua saat menyiapkan makanan pada anak. Kebiasaan tersebut perlu dihentikan karena bisa merusak keamanan pangan untuk sang buah hati.

1. Tidak Mem

4. Tidak Cuci Tangan

Satu lagi kebiasaan buruk yang perlu dihindari orangtua saat menyiapkan makan anak ialah tidak mencuci tangan. Biasakan untuk selalu membersihkan tangan Anda saat menyiapkan makanan untuk anak.

Biasakan pula si kecil untuk ikut mencuci tangan untuk menjaga kebersihan asupan dari bakteri berbahaya.

“Jadi cuci tangan dulu sebelum manyiapkan makan anak, termasuk tangan anaknya, karena anak akan megang-megang makananya dan memasukan ke mulut,” jelas dr. Moretta.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!